Maraknya tindak kejahatan, khususnya pencurian membuat resah masyarakat. Berkaitan dengan itu, Kepala Desa Perkebunan Kanopan Ulu Kecamatan Kualuhhulu mengadakan musyawarah dengan masyarakat.

Salah satu keputusan musyawarah tersebut adalah memberikan hadiah kepada warga yang berhasil mendapati/menangkap langsung pelaku di tempat, maka akan diberikan hadiah sebesar Rp1,5 juta rupiah. 

Dalam himbauan yang ditempel di sejumlah tempat di desa itu, pada paragraf pertama mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketenteraman desa, terlebih menjelang masuknya Hari Raya Idul Fitri 1444 H ini. 

Kemudian pada alinea kedua, dituliskan dalam hal ini maka Pemerintahan Desa Perkebunan Kanopan Ulu membuat kesepakatan/keputusan bahwa "Jika ada orang yang akan melakukan tindakan kejahatan pencurian ke rumah masyarakat maka segera dilakukan penangkapan di tempat dan langsung diproses ke pihak berwajib (kepolisian).

Selanjutnya ditambahkan "Dan jika ada lapisan masyarakat yang mendapat/menangkap yang melakukan pencarian di masyarakat, maka masyarakat tersebut mendapatkan insentif berupa uang uang sebesar Rp1.500.000.- (satu juta lima ribu rupiah).

Himbauan tertanggal 13 April 2023 tersebut ditandatangani Kepala Desa Perkebunan Kanopan Ulu Supriadi Rahayu SKom. Dan itu juga sudah diposting di sejumlah akun media sosial Pemdes Kanopan Ulu dan Pemerintah Kecamatan Kualuhhulu pada Kamis (13/4).

Pewarta: Sukardi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023