Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berharap minat generasi muda membaca dan mencintai Al-Quran meningkat di provinsi itu.

“Ramadhan momentum yang tepat untuk terus meningkatkan kecintaan kita pada Al Quran, melalui MTQ ini kita juga ingin generasi Al-Quran Sumut terus tumbuh,” ujar Edy di Medan, Kamis.

Dalam kesempatan itu, Edy juga berpesan MTQ  tidak hanya sebatas lomba, tetapi juga mencari bakat baru, sehingga kafilah MTQ Sumut terus beregenerasi.

“Kita terkenal memiliki banyak qori dan qoriah sejak dulu, tetapi yang kita takutkan regenerasinya, inilah salah satu caranya untuk terus meregenerasi kafilah-kafilah kita di MTQ," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumut, Asren Nasution, menyampaikan jumlah peserta MTQ Pelajar SMA/SMK ini sebanyak 230 orang. Peserta berasal dari seluruh SMA/SMK di Sumut.

Acara Musabagah Tilawati Quran (MTQ) Pelajar SMA/SMK Se Sumut ini digelar selama tiga hari, mulai tanggal 5 April hingga 7 April 2023.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi siswa-siswi serta menciptakan generasi yang cinta Al Quran. MTQ Pelajar SMA/SMK se-Sumut mempertandingkan lima cabang antara lain fahmil Quran, tilawah, tahfidz, seni lukis Islam/kontemporer/kaligrafi dan syahril yang berlangsung selama tiga hari," ujarnya.

Dirinya menjelaskan peserta dibagi dua jenjang, yaitu SMA dan SMK. Jenjang SMA untuk cabang fahmil dilakukan di Aula Tengku Amir Hamzah Dinas Pendidikan Sumut, cabang tilawah dan tahfidz di SMAN 1 Medan sedangkan seni lukis dan syahril di SMKN 10 Medan.

Sedangkan untuk jenjang SMK cabang fahmil, syahril dan tahfidz, lanjut Asren, akan diselenggarakan di SMKN 7 Medan, tilawah di SMKN 2 Medan dan lukisan di SMKN 3 Medan.

“Kita harap MTQ kita kali ini berjalan dengan lancar, dan kami mohon dukungan semua pihak," katanya.*

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023