Tim safari Ramadan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan akan mengunjungi 204 masjid dan musala tanpa melakukan acara buka puasa bersama (bukber).

Kunjungan dilakukan selama 4 hari, mulai 28 hingga 31 Maret 2023. “Kita tetap patuh terhadap pemerintah pusat, kunjungan kita dilakukan tanpa buka puasa bersama," ucap Bupati, Rabu (29/03) di kantor Bupati.

Bupati menjelaskan, safari Ramadan selama 4 hari tersebut dilaksanakan setelah shalat Tarawih diawali dengan shalat Isya bersama di lokasi yang telah ditentukan oleh masing-masing tim. Kemudian kedatangan tim ke ratusan masjid dan musala akan memberikan bantuan 1 buah kipas angin dan uang tunai Rp2 juta

Bupati menjelaskan, setiap tahunnya pada bulan Ramadhan Pemkab Asahan secara rutin melakukan kunjungan safari Ramadhan ke setiap Desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Asahan. "Keberadaan rombongan Tim Safari Ramadhan sekalian merupakan upaya untuk memupuk jalinan silaturahmi, antara Pemerintah (umaro) dengan ulama dan umat (masyarakat),” ujar Bupati. 

Kegiatan ini juga merupakan langkah untuk membangun ukhuwah Islamiyah, sehingga diharapkan dapat terbangun hubungan yang harmonis antara umaro, ulama dan umat. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Asahan sangat berharap agar pada Bulan Ramadan kali ini bisa menjadi ajang perbaikan bagi kita semua sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, dan pada Bulan Ramadhan ini pula menjadi jembatan silaturahmi untuk bertemu dan bertatap muka langsung dengan masyarakat untuk meningkatkan kedekatan antara pemerintah dengan masyarakat. 

Sementara itu, Kadis Kominfo Asahan, Syamsuddin menjelaskan jadwal kunjungan Bupati Asahan di hari pertama di Masjid Al Muhsini, Kecamatan Teluk Dalam. Hari ke-2 Musala Al Yasin Kecamatan Sei Dadap, hari ke-3 Masjid Jamiul Mukmnin, Kecamatan Pulo Bandring dan hari terakhir masjid Al Amin Kecamatan Pulau Rakyat.  “Di hari pertama dan ke-2 masing-masing 50 tim, hari ke-3 dan ke-4  ada 51 tim,“ kata Syamsuddin

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023