Pemkab Dairi, Sumatera Utara, menggelar pasar murah di Pasar Sumbul sebagai upaya menekan inflasi dan untuk menjaga pasokan dan stabilisasi harga bahan pangan demi menjamin terpenuhinya kebutuhan pokok masyarakat, terutama pada bulan Ramadhan.

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu di Sidikalang, Rabu, mengatakan, operasi pasar murah tersebut menjadi salah satu langkah strategis menekan laju inflasi dan menjaga stabilitas harga komoditas bahan pokok agar tidak melambung tinggi.

"Operasi pasar ini diharapkan dapat membantu warga ekonomi menengah ke bawah guna mendapat bahan pangan murah dan terjangkau. Tadi saya mendapat masukan dari warga agar kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan. Segala masukan akan kita bahas bersama dinas terkait dan bagian perekonomian," katanya.

Pasar murah tersebut ramai diserbu warga KTP Kecamatan Sumbul. Elisahti boru Girsang contohnya. Ibu rumah tangga ini mengaku bersyukur pemerintah menggelar pasar murah ini seraya berharap kegiatan serupa bisa digelar berkelanjutan.

"Kami bersyukur atas kegiatan ini, terima kasih Bupati sudah menggelar pasar murah ini. Maunya setiap pasar di hari Selasa bisa diadakan dan bisa dilakukan berkelanjutan," katanya.

Sebelumnya sebagai upaya memantau ketersediaan berbagai bahan pokok berada pada tingkat yang wajar, pihaknya juga telah melakukan inspeksi mendadak bersama Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Dairi di Pusat Pasar Sidikalang.

Berdasarkan hasil bincang-bincang bersama beberapa pedagang terutama pedagang komoditi bahan pokok, harga bahan kebutuhan bahan pokok relatif stabil.

"Berdasarkan hasil pantauan ditambah penjelasan pedagang di pasar tradisional tadi, harga relatif stabil.Sidak seperti ini akan lebih intens kita lakukan, terutama selama bulan Ramadhan dan jelang lebaran Idul Fitri nanti," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023