Harga daging sapi di Kota Medan, Sumatera Utara, mulai merangkak turun, setelah sempat mengalami kenaikan harga akibat permintaan meningkat menjelang Ramadhan.

Pantauan pasar MMTC Medan, Sumut, harga daging sapi terpantau di kisaran Rp140.000 per kilogram yang sebelumnya dijual dengan harga Rp150.000 per kilogramnya.

"Turun hari ini bang, Rp130.000 hingga Rp140.000 per kilogramnya," ujar Bona salah seorang pedang pasar MMTC, di Medan, Jumat.

Sebelumnya, Ketua Pemantau Pangan Sumut, Agun, memprediksi harga daging sapi akan mengalami penurunan. Kenaikan daging sapi tersebut disebabkan meningkatnya jumlah permintaan masyarakat dalam menyambut bulan Puasa Ramadhan dan kenaikan itu enggak akan bertahan lama.

"Kenaikan itu biasa menjelang bulan puasa Ramadhan, kan kita sebelum Puasa ada ngumpul keluarga, jadi permintaan daging sapi meningkat, cuma saya perkirakan harga sapi akan normal kembali," ujarnya Selasa (21/03).

Sementara itu, menurut data Disperindang Sumut, harga daging sapi di wilayah Sumatera Utara lainnya, seperti Kabupaten Langkat, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Karo, Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba, Kota Binjai dan Tebing Tinggi masing masing dijual Rp120.000 hingga Rp.150.0000 per kilogramnya .

Harga daging paling tertinggi terdapat di Kabupaten Mandailing Natal yakni Rp176.677 per kilogramnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023