Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara (Kanwil Kemenkumham Sumut) mengadakan lomba musabaqah tilawatil quran (MTQ) antarwarga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas I Medan, Selasa.

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumut, Rudi Hartono mengatakan acara MTQ tersebut dilaksanakan dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah sekaligus peringatan Hari Bakti Pemasyatakatan (HBP) ke-59.

"MTQ WBP tahun 2023 ini diikuti seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) yang ada di wilayah kerja Kanwil Kemenkumham Sumut," ujar Rudi.

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bukti bahwa jajaran Kanwil Kemenkumham Sumut yang diwakili oleh Divisi Pemasyarakatan peduli terhadap pembinaan WBP.

"Pembinaan ini menunjukkan bahwa kami tidak hanya membina kemandirian WBP dalam mengasah keterampilan yang dimiliki, tetapi juga membina mental melalui bimbingan rohani semacam ini. Hal ini dimaksudkan agar para pelanggar hukum yang kami bina dapat menyadari kesalahan yang diperbuatnya dan kembali pada fitrahnya," ujarnya.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham terima dua penghargaan dari DJPb Provinsi Sumut

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas I Medan, Maju Amintas Siburian menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan meningkatkan ketaqwaan dan keimanan bagi WBP.

"Selain itu, mari kita persiapkan WBP sebaik mungkin sebelum kembali ke masyarakat luas, juga melaksanakan pembinaan lebih lanjut bagi WBP yang memiliki bakat terpendam lainnya," ucapnya.

Ia menambahkan, selain kegiatan MTQ, Lapas juga akan melaksanakan kegiatan kerohanian dalam mengisi bulan Ramadhan, baik mendengar tausiyah maupun tadarusan.

Lomba MTQ WBP ini dilakukan secara virtual. Berdasarkan data, peserta yang mengikuti kegiatan dibagi berdasarkan ketiga kategori, Kategori anak sebanyak tiga orang, dewasa putri tujuh orang, dan dewasa putra 32 Orang, berasal dari 36 UPT Pas Kanwil Kemenkumham Sumut.

Untuk juara masing-masing kategori Dewasa putra, Juara I Azmi Sabri (Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku), Juara II Ansor Muda (Lapas Kelas IIB Panyabungan), Juara III Rezy Rey (Lapas Kelas IIA Binjai).

untuk kategori Dewasa Putri Terbaik I (Ida Fatmi (Lapas Perempuan Kelas IIA Medan), Terbaik II Misriati (Lapas Kelas IIA Binjai), Terbaik III Citra (Rutan Perempuan Kelas IIA Medan). Kategori Anak-anak Terbaik I, Anjas Pratama (Lapas Kelas IIB Lubuk Pakam), Terbaik II Rahmat Harahap (Lapas Kelas III Kotapinang), Terbaik III Syah Daffah (LPKA Kelas I Medan).

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023