Ketua Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D), Prof Todung Mulya Lubis melakukan peninjauan lokasi rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Ada dua lokasi yang dikunjungi Todung dalam kunjungannya di Madina itu, yakni di Kecamatan Siabu dan di Kecamatan Panyabungan Timur tepatnya di Kelurahan Gunung Baringin.

Dalam peninjauan itu Ketua TP2D juga membawa beberapa perusahaan pengembang dari Norwegia dan perusahaan nasional. 

Dalam kunjungan itu, Todung menyampaikan, dari sejumlah lokasi yang dikunjungi tersebut memiliki potensi yang cukup besar sebagai lokasi PLTA. Hanya saja, masih butuh kajian lebih mendalam. 

"Kita sudah liat potensinya di dua lokasi. Saya rasa para tim ahli dari beberapa perusahaan ini akan mengecek dan mensurvei lebih mendalam," ungkap Todung didampingi oleh staf khusus Bupati Madina Bidang Ekonomi Pembangunan, Irwan Hamdani Daulay saat melakukan peninjauan lokasi di Panyabungan Timur, Senin (20/3).

Todung menjelaskan, proses pembangunan PLTA ini membutuhkan waktu yang cukup panjang. Dia mengatakan, untuk akses baik transportasi sudah cukup menunjang dalam pembangunan PLTA itu.

"Di Panyabungan Timur ini walaupun kapasitasnya tidak terlalu besar atau sekitar 9 Megawat. Tapi, cukup menunjang. Tadi salah satu tim ahli dari perusahaan sudah menyatakan sangat tertarik dengan lokasi di Panyabungan Timur ini," jelas mantan duta besar Norwegia itu.

Sementara itu, staf khusus Bupati Madina, Irwan Hamdani Daulay menyebutkan, hingga saat ini sudah ada lima lokasi pembangunan PLTA di Madina yang telah disurvei oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Dari lima okasi yang disuvei itu, terdapat empat lokasi yang potensial yakni, PLTA 45 MW Batang Angkola di Kecamatan Siabu, PLTA Batang Gadis 150 MW di Kecamatan Siabu, PLTA 9 Aek Pohon MW di Kecamatan Panyabungan Timur dan PLTA 15 MW Bangkelang di Kecamatan Batang Natal.

Camat Panyabungan Timur, Rahmad Riski Pulungan menyebutkan, akan siap mendukung segala proses dalam pembangunan PLTA itu.

"Kami dari pihak kecamatan siap mendukung proses pembangunan PLTA ini. Dengan adanya PLTA di sini, kami yakin perekonomian masyarakat di Panyabungan Timur pun membaik," tutur Camat.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023