Pemkab Samosir, Sumatera Utara, melakukan survei dan monitoring ketersediaan dan kebutuhan harga bahan pokok di Pasar Tradisional Onan Baru sebagai upaya pengendalian inflasi.

Pj Sekda Samosir Waston Simbolon di Pangururan, Kamis, mengatakan, monitoring dilakukan guna mengetahui kondisi ketersediaan bahan pokok serta memantau harga baik di tingkat agen maupun penjual menjelang Ramadhan tahun ini.

Berdasarkan hasil monitoring, untuk ketersediaan bahan pokok masih cukup aman. Mengenai harga, masih relatif normal, ada yang mengalami kenaikan dan ada juga yang turun. 

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan adalah telur yang naik sekitar Rp2.000/papan dan harga bawang merah mengalami kenaikan sekitar Rp5.000/kg.

Menjelang hari besar keagamaan nasional, katanya, sering terjadi kenaikan peningkatan harga, ketergantungan pasokan bahan pangan dari luar daerah serta peningkatan permintaan.

Untuk itu, ia meminta OPD bersama dengan stakeholder terkait agar terus menjalin koordinasi dan bersinergi. 

“Kita harus senantiasa hadir dalam melayani masyarakat serta melakukan berbagai upaya pengendalian inflasi dalam strategi ketersediaan, keterjangkauan, dan kelancaran bahan pokok yang akan dikonsumsi," katanya.

 "Kami  juga berharap agar TPID bersinergi, konsisten dalam melakukan inventarisasi data, informasi perkembangan harga barang melalui pengamatan, kajian terhadap perkembangan inflasi," tambahnya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023