Pemerintah Kota Sibolga, mendapat penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 dari Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan di Jakarta, Selasa (14/03).

Dari 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota di Indonesia. Pemerintah Daerah Kota Sibolga sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC). 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Rita Masyita Ridwan, melalui pesan pers rilisnya mengatakan. UHC merupakan cakupan kepesertaan program JKN untuk memastikan minimal 95 persen dari total jumlah penduduk telah mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial, baik dalam pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif.

"Berdasarkan dari hasil data kita cakupan kepesertaan JKN Kota Sibolga
sebanyak 91.237 jiwa penduduk Kota Sibolga, telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dari total jumlah penduduk 95.527 jiwa atau sebesar 95,51 persen," katanya.

Lanjutnya, Artinya, hampir seluruh warga masyarakat di Kota Sibolga telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

"Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Sibolga yang telah sukses mencapai UHC. Hal itu, merupakan wujud nyata kehadiran pemerintah dalam memastikan tersedianya jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakatnya Sibolga,"ucapnya.

Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan di kesempatan yang sama mengungkapkan rasa bangga atas  pencapaian UHC di Pemerintahan Kota Sibolga.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Sibolga 
yang telah bekerja keras agar masyarakat Kota Sibolga bisa terjamin ke dalam Program JKN." katanya.

Masih katanya, karena Kota Sibolga sudah mencapai predikat UHC dari Januari 2018 dan mampu mempertahankannya hingga saat ini, maka sudah saatnya UHC ini diimbangi dengan peningkatan mutu layanan kesehatan.

"Pemkot Sibolga akan mengupayakan akurasi dan validitas data kepesertaan  tetap terjaga. Kemudian keaktifan peserta juga akan tetap kita pertahankan dan ditingkatkan," ujarnya.

Dikesempatan tersebut, Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan, juga  menghimbau agar masyarakat yang telah menjadi peserta JKN terutama peserta pada segmen mandiri bisa 
membayar iuran rutin dan tepat waktu setiap bulannya. 

"Kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Sibolga, untuk meningkatkan dan  memastikan mutu layanan di fasilitas kesehatan yang sudah baik. Agar dapat ditingkatkan lagi dan meminta kepada setiap tenaga kesehatan supaya dapat memberikan pelayanan terbaiknya untuk 
masyarakat peserta JKN," pungkasnya.

Pewarta: Tamy

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023