Kantor Perwakilan BI Pematang Siantar meluncurkan program "UMKM Talks" tahun 2023, Selasa (7/3), di Lantai V Gedung BI Pematang Siantar. 

Kegiatan yang menghadirkan motivator dari Yogyakarta, Jawa Tengah Edwin Indarto diikuti ratusan pelaku UMKM. 

Kepala Perwakilan BI Pematang Siantar Teuku Munandar mengatakan, pelaku usaha senantiasa dihadapkan pada tiga permasalahan, yakni produksi, pemasaran dan pembiayaan dalam memajukan usahanya. 

Makanya, kegiatan bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemkot dan pemangku kepentingan ini diharapkan memberikan solusi terhadap permasalahan pelaku usaha lokal itu. 

UMKM Talks dijadwalkan secara rutin setiap satu bulan mempertemukan pelaku usaha dengan narasumber dari berbagai instansi, lembaga, dan profesional yang peduli dengan UMKM. 

Kesempatan ini, Teuku Munandar memotivasi pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya dari mikro menjadi kecil, kecil ke menengah dan menengah menjadi besar. 

Dia juga menyampaikan apresiasi atas kepedulian Pemkot Pematang Siantar menumbuhkan UMKM, dan menjadi pemerintah daerah yang paling banyak program UMKM di delapan wilayah kerja BI Pematang Siantar. 

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA mengatakan, UMKM di Pematang Siantar menunjukkan perkembangan yang baik sejak satu tahun lalu atas peran aktif dari BI Perwakilan Pematang Siantar. 

Wali Kota pun menyambut positif UMKM Talks yang diharapkan bisa meningkatkan pemahaman pelaku usaha, terutama dalam memasarkan produk-produk secara global.

Dia juga berharap, pelaku UMKM dapat ikut berkontribusi dalam pembangunan di Pematang Siantar, terutama di sektor perekonomian. 

 

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023