Pagelaran acara kegiatan seleksi MTQ tingkat palajar SMA dan SMK ( SMA/SMK) yang dilaksanakan perdana oleh Cabang Dinas ( Cabdis) Pendidikan Provinsi Sumatera Utara ( Provsu) wilayah XII (Kabupaten Padang Lawas dan Kabupaten Padang Lawas Utara), di Kampus STAI Barumun Raya Sibuhuan, Kecamatan Barumun, telah berakhir, Senin (6/3) sore semalam.

Ketua Panitia H. Pauzan Hamidy Hasibuan menuturkan, juara umum seleksi MTQ itu, untuk pelajar tingkat SMA diraih kafilah SMAN 1 Barumun. Sedangkan untuk kategori tingkat pelajar SMK juara umum diraih Kafilah SMK IT Ja'Fariyah, Desa Hutaibus, Kecamatan Lubuk Barumun.

"Alhamdulillah kegiatan seleksi MTQ tingkat pelajar SMA /SMK se - Palas telah berakhir dan berjalan sukses sesuai harapan kita semua sore tadi. Sebagai juara umum, untuk kategori pelajar SMA, diraih kafilah SMA 1 Barumun. Untuk kategori pelajar SMK, diraih Kafilah SMK IT Ja'Fariyah," kata Pauzan kepada ANTARA, Senin ( 6/3) malam.

Sebelumnya, pada Senin (6/3) siang,  H. Pauzan dalam kutipan laporannya diacara pembukaan seleksi MTQ itu menyebutkan, jumlah peserta untuk kedua kategori  MTQ tersebut, sekitar 154 orang. Para peserta itu, mewakili kafilah pelajar SMA dan SMK se - Kabupaten Padang Lawas. Sedangkan jenis lomba untuk peserta putra dan putri pada kegiatan seleksi MTQ itu ada sebanyak lima cabang lomba. Antara lain, Tilawah Al Qur'an, Tahfiz Al - Qur'an, Fahmil Qur'an, Syahril Qu'ran dan Kaligrafi kontemporer.

Kacabdis Pendidikan wilayah XII Sumut Marwan Fauzi Batubara S.Sos mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan dan peserta diacara kegiatan pembukaan MTQ itu. 

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah turut berpartisipasi mendukung pihaknya dalam pelaksanaan kegiatan MTQ tersebut. Termasuk kepada Ketua Senat dan Pendiri STAIBR Drs. H. Syafaruddin Hasibuan MA dan Ketua STAI Barumun Raya Sibuhuan H. Ismail Nasution, Lc, M.TH yang telah memberikan dukungan fasilitas tempat kegiatan acara MTQ itu, serta kepada para dewan juri ( hakim), juga panitia acara tersebut.

"Kami sangat bersyukur Kabupaten Padang Lawas melaksanakan kegiatan ini. Peserta terbaik disini nanti ( peserta juara) akan kita antar ke Porvinsi. Dan tentu juara bukanlah menjadi fokus kita, namun negara kita sekarang membutuhkan orang - orang baik, oleh karena itu melalui pelaksanaan kegiatan ini, tentunnya kita berharap, dapat menghasilkan generasi muda, pelajar SMA dan SMK yang berakhlakul karimah baik dan mencitai Al - Qur'an,"ujarnya.

Pada kesempatan itu, Marwan juga mengajak seluruh pihak yang turut hadir pada kegiatan MTQ itu, supaya menjadikan momentum pelaksanaan MTQ tersebut, sebagai ajang tempat untuk mempererat hubungan silaturrhami. Juga menjadikan momentum pelaksaan seleksi MTQ itu, sebagai upaya memperbaiki diri dalam proses belajar Al Qur'an kepada seluruh peserta.

"Mari sukseskan bersama acara ini dengan baik. Kiranya anak - anak kita peserta yang berhasil pada kegiatan seleksi ini nanti akan menjadi juara ditingkat Sumut. Dan yang belum berhasil, jadikan motivasi untuk lebih giat bejar hingga bisa meraih prestasi di momen seleksi MTQ tahun mendatang ,"tutur Marwan, sembari berharap dan berpesan kepada seluruh peserta acara seleksi MTQ tersebut. 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023