Malaysia hingga kini masih menjadi negara pilihan utama sebagai tempat melanjutkan pendidikan yang populer di kalangan pelajar mancanegara, termasuk dari Indonesia.

"Malaysia masih menjadi pilihan utama bagi pelajar dari negara lain yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," demikian keterangan tertulis dari Education Malaysia Global Services (EMGS) yang diterima di Medan, Jumat.

Sehubungan dengan itu, untuk terus mempromosikan peluang 'Study in Malaysia', EMGS dan Education Malaysia Indonesia (EMI) telah menggelar pameran pendidikan dengan tagline 'Ayo Kuliah di Malaysia' yang berlangsung di Medan, Jakarta dan Depok pada 2 - 5 Maret 2023.

Pameran pendidikan ini bertujuan untuk memberi berpeluang sekaligus menghubungkan pelajar Indonesia agar mendapatkan informasi secara langsung dari wakil-wakil institusi pendidikan tinggi di Malaysia.

Indonesia dan Malaysia telah menjalinkan hubungan kerja sama yang baik sejak lama, terutama dalam sektor pendidikan.

Berbagai biasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Malaysia juga telah diwujudkan untuk pelajar-pelajar Indonesia.

Menurut data terkini dari EMGS, Indonesia berada di antara lima negara teratas dengan permohonan terbanyak untuk melanjutkan pendidikan di Malaysia hingga Februari 2023.

Beberapa bidang pendidikan yang populer dan menjadi pilihan kalangan pelajar dari Indonesia adalah Business and Administration, Computing, General Programmes, Arts Programmes dan Engineering and Engineering Trades.

Kedudukan sebagai negara jiran, persamaan bahasa dan budaya, biaya pendidikan yang terjangkau dan ranking universitas yang tinggi merupakan alasan yang membuat Malaysia menjadi pilihan utama bagi pelajar-pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan.

Pewarta: Rel

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023