Pagelaran MTQN (  Musabaqoh Tilawatil Qur'an Nasional ) tingkat Kabupaten Padang Lawas ( Palas)  ke - XIV tahun 2023, telah resmi dibuka, di Lapangan Bola Bukit Berbunga, Desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa, Selasa ( 28/2) malam. 

Acara pembukaan MTQ ini, ditandai dengan pemukulan beduk oleh Plt Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu ( AZP).

Dalam kutipan sambutannya, AZP mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan tamu undangan atas kehadiran mereka diacara pembukaan MTQ tersebut.

ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para dermawan juga pimpinan perusahaan yang telah turut berpartisipasi memberi bantuan berbagai hadiah menarik pada kegiatan MTQ itu. Termasuk 7 paket umroh gratis dari pimpinan travel Jannah Firdaus, beserta pimpinan Aet Travel dan pimpinan travel Cahaya Palas, yang dua diantaranya untuk hadiah paket umroh bagi pemenang tahfiz 30 Juz putra dan putri. Kemudian hadiah dua unit sepeda motor dari PT. Bank Sumut Cabang Sibuhuan, ditambah 2 unit sepeda motor dari BRI Cabang Sibuhuan dan 1 unit sepeda motor dari PT. KAS.

"Terimakasih juga kepada seluruh pihak dan masyarakat luas yang turut mendukung suksesnya  pelaksanaan acara kegiatan MTQ kita ini hingga akhir acara nanti,"sambung AZP.

Lebih lanjut disampaikan AZP, kegiatan MTQ ini diharapkannya dapat menjadi motivasi bagi seluruh masyarakat muslim Palas, khusunya para generasi muda untuk mencintai Al Qur’an. Kerena hal itu menurutnya, sesuai dengan tag line MTQN ke - XIV Kabupaten Padang Lawas Tahun 2023 ini. "Mewujudkan masyarakat berkarakter Qur’ani dalam rangka mensukseskan STQH ke - XVIII Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang akan digelar di Kabupaten Padang Lawas tahun 2023".

"Mari sukseskan Perhelatan MTQ ke - XIV sebagai acuan pertisipan untuk mensukseskan STQH ke-XVIII tingkat provinsi sumatera utara di Kabupaten Padang Lawas,"ajak AZP.

Pada kesempatan ini, AZP mengulas prestasi qori dan qori’ah Kabupaten Padang Lawas pada event MTQ Nasional di Kalimantan Selatan Tahun 2022 silam sangat membanggakan. Dimana saat itu putera putri terbaik Kabupaten Padang Lawas atas nama Taufiq Hasibuan mendapatkan Juara Harapan III Cabang Khat Naskah Putra. Amelitul Khoiriah Nasution meraih Juara Harapan III Cabang Tafsir Bahasa Indonesia, dan Microhani Siregar Juara Harapan III Cabang Tafsir bahasa arab Putri.


"Prestasi putra putri kita patut disyukuri. Ini membuktikan keaktifan LPTQ Kabupaten Padang Lawas bersinergi dengan semua pihak, baik dengan pemerintah daerah, Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, MUI Padang Lawas, para pelatih dan para dewan hakim dalam membina qori-qori’ah,"ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Arpan Nasution mengatakan kegiatan MTQ ke - XIV tingkat Kabupaten Padang Lawas ini akan berlangsung selama 4  hari. Mulai dari tanggal 28 Februari s/d 03 Maret 2023. Jumlah peserta kegiatan MTQ tersebut, sekitar 1.108 orang. 519 orang peserta putra dan 589 orang peserta puteri. 

"Para peserta mewakili 17 kafilah dari 17 kecamatan se - Palas,"tutur Arpan dalam kutipan laporannya diacara ini. 
 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023