Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, berharap objek wisata Togaraja yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan dari atas ketinggian Desa Partuko Naginjang serta didukung potensi agrowisata menjadi ikon pariwisata daerah itu.

 "Sebagai potensi wisata baru, dalam pengembangannya Togaraja diharapkan menjadi ikon pariwisata Samosir dan diharapkan tetap memelihara 3 S yakni senyum, sapa, salam serta kebersihan," kata Bupati Samosir Vandiko Gultom di Pangururan, Kamis.

Ia mengatakan dalam pengembangan objek wisata Togaraja, diperlukan sinergi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah pusat dan instansi lainnya .

"Kami siap mendukung pengembangan objek wisata Togaraja, dengan potensi yang luar biasa tidak ada alasan tidak maju, tinggal bagaimana kita berkreasi," lanjut Vandiko.

"Itulah fungsinya saya turun ke desa, mendengarkan langsung apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Saya ingin mendekatkan pelayanan dan pembangunan ke seluruh desa sehingga masyarakat dapat merasakan pemerataan pembangunan," katanya.

Objek wisata Togaraja berada di Desa Partuko Naginjang yang merupakan salah satu dari 54 Desa Wisata yang ditetapkan Pemkab Samosir melalui keputusan Bupati Samosir Nomor 77 tahun 2022 tentang Penetapan Desa Wisata di Kabupaten Samosir.

Pemkab Samosir mendukung penuh pengembangan desa wisata tersebut. Melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan membantu dalam pembinaan dan pelatihan pengelolaan objek wisata serta membantu dalam menjalin kerjasama dengan penggiat pariwisata dan sponsor.

Untuk itu diharapkan peran BUMDes untuk menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, baik dinas pariwisata, kementerian pariwisata, travel agent, himpunan pramuwisata, perhimpunan hotel dan restoran Indonesia, akademisi serta media.

"Mari berbenah dalam mengembangkan potensi wisata. Ketika kita bersama, maka kita kuat. Ketika kita bertekad, maka Desa Partuko Naginjang-Togaraja akan dikenal, dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara," kata Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Samosir Tetty Naibaho.

 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023