Pj. Walikota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP, mengatakan bahwa target untuk evaluasi Kota Layak Anak tahun 2023 ini adalah KLA dengan kategori tingkat Utama atau setidaknya bertahan ditingkat Nindya.

Hal ini disampaikannya dalam rapat koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Kota Layak Anak (KLA) Kota Tebing Tinggi, Kamis (16/02/2023) di Aula Bappeda Jl. Delima Tebing Tinggi.

Rapat ini digelar Dinas P3APM Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat dan Bappeda (Badan Perencana Pembangunan Daerah).

Rapat ini juga dihadiri Kadis P3APM selaku Sekretaris Satgas KLA Dra. Sri Wahyuni, M.Si. dan Kepala Bappeda selaku Wakil Ketua I Satgas KLA Erwin Suheri Damanik, S.Sos., M.SP.

Pj. Walikota juga menjelaskan bahwa evaluasi KLA tahun 2023 akan sangat berbeda dari penilaian tahun-tahun sebelumnya, yang mana tahun sebelumnya berada ditingkat Nindya, sementara tahun ini akan menuju ke tingkat Utama.

"Sudah barang tentu lebih banyak lagi indikator yang harus kita sempurnakan. Jadi untuk tahun 2023 ini, target kita itu jangan turun dari Nindya, paling tidak harus bertahan," pinta Pj. Walikota. 

Senada hal itu, Pj. Walikota meminta kepada OPD terkait agar lebih bekerja keras untuk melengkapi data-data. Data administrasi yang diminta di beberapa OPD dan telah diverifikasi merupakan bukti komitmen kita bahwa kita KLA. 

"Apabila dokumen sudah lengkap berarti kita komitmen untuk jadi KLA. Kelengkapan sebagaimana sudah disampaikan kalau bisa mencapai 98 (sembilan puluh delapan) persen dokumen ini terpenuhi, baru bisa tingkat Utama," urai Pj. Walikota.

Ditambahkan Pj. Walikota, setelah dokumen dinyatakan lengkap, akan dilakukan verifikasi oleh tim provinsi dan pemerintah pusat (Kementrian), yang mana kemungkinan tahun ini peninjauan langsung ke lapangan.

"Apalagi ini Nindya naik ke tingkat Utama. Sudah barang tentu timnya pun bukan tim sembarangan yang akan turun. Konsekuensi, dari semua data semua inviden yang didata dilapangan itu harus ada,"

"Jadi harus teruji semua dari 5 klaster, masing - masing indikatornya harus ada. Silahkan nanti menyesuaikan sesuai dengan apa yang menjadi bagian OPD masing - masing," tegas Pj. Wali Kota.
 

Pewarta: Zulfan Kurniawan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023