Perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) melakukan upacara penutupan rangkaian kegiatan peringatan bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) nasional tahun 2023.

Penutupan rangkaian kegiatan peringatan bulan K3 itu dilaksanakan di lapangan base camp Desa Purba Lamo, Kecamatan Lembah Sorik Marapi pada Senin (13/2).

Sejumlah kegiatan telah selesai digelar oleh perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi itu yang berlokasi di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) itu.

Sejumlah event perlombaan yang digelar itu meliputi, mini project pembuatan tempat pulpen dari bahan daur ulang untuk anak atau keponakan karyawan maupun kontraktor.

Kemudian, kompetisi badminton (double) antar karyawan dan kontraktor, cerdas cermat antardepartement, kompetisi kontraktor terbaik dalam menerapkan K3L, inspeksi kepatuhan APD (Alat Pelindung Diri) untuk semua pekerja dan donor darah.

Selanjutnya, SMGP management walkhtrough, HSE campaign (mewajibkan semua kontraktor memasang spanduk perayaan bulan K3 nasional tahun 2023, training DTT, healty worker gymnastic dan video kreasi yang berkaitan dengan bulan K3.

Kepala Teknik Panasbumi PT SMGP Terry Indra melalui Wakil Kepala Teknik Panasbumi, Ali Sahid, Selasa (14/2) menyebutkan, semua program kegiatan bulan K3 nasional PT SMGP tahun 2023 berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

"Karenanya, kami mengucapkan terima kasih kepada semua rekan kerja yang telah ikut berpartisipasi dalam perayaan bulan K3 nasional tahun 2023. Kepada panitia kami merasa bangga dan mengucapkan terima kasih karena telah berupaya maksimal menjalankan semua program sehingga seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan baik," kata Ali Sahid

Ia menjelaskan, bulan K3 nasional ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia melalui keputusan menteri tenaga kerja RI nomor 135 tahun 2022 tentang petunjuk pelaksanaan bulan K3 nasional 2023. 

Melalui keputusan tersebut kata Sahid, program pelaksanaannya memiliki tiga program khusus yaitu; pertama, kegiatan bersifat strategis seperti pemberian penghargaan K3. 

Kedua, kegiatan bersifat promotive seperti lomba K3. Dan ketiga kegiatan bersifat implementatif yaitu defensive driving training.

"Kita bisa bersama-sama menekan angka kecelakaan dengan memastikan seluruh pekerjaan sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan, mengikuti standar operasional prosedural KS Orka, dan menerapkan KS Orka 9 life saving rules," sebut Sahid.

Dijelaskannya, tahun ini masih akan menjadi tahun yang penuh tantangan khususnya dalam penerapan K3 di SMGP. Hal ini mengingat target perusahaan di tahun 2023. 

"Namun kita berkomitmen untuk dapat menempatkan implementasi K3 sebagai prioritas tertinggi. Dengan dijadikannya SMGP sebagai salah satu objek vital nasional maka pengetatan keamanan pun akan menjadi prioritas. Pengendalian orang masuk, pengendalian kendaraan masuk, pengetatan sistem keamanan dan lain-lain adalah hal yang mutlak dilakukan demi terciptanya lokasi kerja yang aman, nyaman, dan selamat," tambahnya.

Oleh karenanya, Ali Sahid meminta kerja sama dari seluruh stakeholder dan shareholder termasuk para mitra kerja SMGP untuk bersama-sama berpartisipasi dan berkontribusi menjadikan K3 sebagai garda terdepan dalam memastikan aktivitas bisnis dapat berjalan lancar. Dengan demikian tujuan K3 dalam menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, sehat, menuju nihil kecelakaan guna peningkatan produktivitas nasional dapat segera terwujud secara nyata.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Bulan K3 Nasional PT SMGP, Abdul Hakam mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan peringatan bulan K3 Nasional berjalan dengan baik. 

"Alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik. Perlombaan yang kita adakan berjalan kompetitif tapi tetap dalam bingkai soliditas dan sportivitas. Kita juga sudah berikan penghargaan kepada peserta lomba dan hadiah kepada pemenang," tuturnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023