Bupati Samosir, Sumatera Utara, Vandiko Gultom terus menggiatkan program berkantor di desa sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan serta menyerap aspirasi langsung dari masyarakat desa.

Saat berkantor di Desa Sabungan Nihuta, Senin, Bupati Samosir, Vandiko Gultom membawa sejumlah program yang langsung menyentuh masyarakat seperti pelayanan kesehatan gratis, KB dan penyuluhan stunting, pendaftaran untuk BPJS gratis, penyerahan BPJS gratis, pelayanan administrasi kependudukan, sosialisasi pembuatan pupuk organik, pengurusan izin berusaha.

Selain itu, Bupati Samosir memberikan bantuan pertanian, bantuan pendidikan bagi siswa berprestasi dan kurang mampu, pemberian makanan tambahan kepada Balita serta berbagai program pelayanan lainnya.

Melalui Program Bunga Desa (Bupati berkantor di Desa) berbagai aspirasi serta keluhan masyarakat dan langsung dicarikan solusinya.

"Apa yang bisa langsung dikerjakan akan dikerjakan dan yang tidak bisa secara langsung akan dianggarkan tahun berikutnya," katanya.

Desa Sabungan Nihuta, bupati melakukan pencanangan Pekan Imunisasi Sub Pin Polio 2023 tingkat Kabupaten Samosir yang ditandai dengan penetesan 2 tetes vaksin polio kepada balita.

"Dengan mengucap syukur Pencanangan Sub Pin Polio di kabupaten Samosir dimulai" kata Vandiko.

Dengan pencanangan itu, Posko pelayanan polio akan melakukan pelayanan bagi anak berumur 0-59 bulan di Kabupaten Samosir. Penyakit Polio dapat menyebabkan kelumpuhan yang tidak bisa disembuhkan, menyebabkan kelumpuhan dan kegagalan bernapas.

"Melalui imunisasi polio balita sudah mendapatkan proteksi dalam kegiatan pekan imunisasi nasional," katanya.



 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023