Guna menjaga ekosistem sungai dan pelestarian kearifan lokal, Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution bersama Anggota DPRD Padang Sidempuan EJS Dalimunthe bersama Dinas Pertanian serta masyarakat Kelurahan Panyanggar  melakukan kegiatan tebar benih ikan Nila dan ikan Mas di lubuk larangan Panyanggar, Kecamatan Padang Sidempuan Utara, Jumat (3/2).

Wali Kota Padang Sidempuan Irsan menyampaikan, pihaknya selalu mendukung masyarakat yang serius membudidayakan ikan. Salah satu bentuk dukungan seperti memberi bantuan bibit ikan, induk ikan hingga pakan ikan kepada sejumlah warga atau kelompok tani.

"Sudah banyak kelompok tani maupun lubuk larangan yang telah kita tebar bibitnya, yang terakhir kita laksanakan di Kelurahan Sihitang sebanyak 30.000 ekor bibit ikan lele hasil dari indukan yang kita beri bantuan kepada kelompok tani Bersama Kita Jaya sudah ditebar untuk proses pembesaran," ucapnya.

Ini tadi disiapkan 3.000 ekor. Diantaranya jenis Ikan Mas dan Ikan Nila. Kita lepas semuanya. Ini juga untuk kampanye gemar makan ikan, melestarikan kearifan lokal masyarakat terhadap lubuk larangan dan mendukung ketahanan pangan lokal dari sektor perikanan air tawar," lanjut wali kota.

Beliau harap kesinambungan pembudidayaan ikan air tawar di Kota Padang Sidempuan harus tetap dijaga, karena dengan dijaganya kesinambungan budidaya dan pembibitan ikan ini nantinya dapat menyumbang tertekannya laju inflasi daerah.

Sementara itu Kadis Pertanian Kota Padang Sidempuan Edi Darwan Harahap mengungkapkan bahwa 3.000 bibit ikan Nila dan ikan Mas tersebut berasal dari Balai Benih Ikan Dinas Pertanian Kota Padang Sidempuan.

Edi menjelaskan bahwa Balai Benih Ikan akan selalu memberikan bantuan seperti bibit ikan kepada masyarakat maupun kelompok tani di Kota Padang Sidempuan selama ada permintaan dan tersedianya stok bibit ikan di Balai Benih Ikan Dinas Pertanian.

"Selama masih ada stok bibit ikan dan ada permintaan dari kelompok tani maupun masyarakat, kita akan layani," ungkap Edi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Erfi J Samudera, Kaban Bapelitbangda Drs. M. Yusar Nasution,  Kadis Kominfo Nurcahyo B Susetyo,  Camat Padang Sidempuan Utara Nanda Alpina serta masyarakat Kelurahan Panyanggar.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023