Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan persiapan event F1 Powerboat di Danau Toba, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumut, berjalan lancar dan tinggal menunggu proses penyelesaian pembangunan sarana prasarana.

"Dalam rapat yang kita gelar hari ini, saya melaporkan persiapan penyelenggaraan event internasional F1 Powerboat Danau Toba berjalan lancar tanpa adanya gangguan," ucap Panca, dalam rapat kerja penyelenggaraan event F1 Powerboat, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan, Kamis.

Panca mengharapkan dukungan pemangku kepentingan serta masyarakat dalam menyukseskan event dunia tersebut.

"Personel Polda Sumut dibantu Kodam I Bukit Barisan, Polres Toba, Pemkab Toba beserta pemangku kepentingan lainnya telah melaksanakan pembersihan wilayah di Balige, Kabupaten Toba," ucapnya.

Kapolda mengungkapkan untuk proses pemindahan sementara para pedagang yang berjualan di pinggir jalan Kota Balige telah dilaksanakan dimana pedagang bersedia ditempatkan di dekat Hotel Labersa selama perhelatan akbar F1 Powerboat.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Toba serta masyarakat yang telah bersedia mendukung suksesnya event F1 Powerboat sebagai upaya mempromosikan wisata Danau Toba di kancah dunia," katanya.

Panca menyebutkan telah mengintruksikan Dir Lantas Polda Sumut bersama Dishub untuk meninjau kondisi jalanan di Kabupaten Toba untuk melakukan rekayasa arus lalu lintas selama digelarnya event F1 Powerboat pada 24-26 Februari 2023.

"Perlu saya sampaikan Pak Gubernur bahwa sudah disiapkan Commander Center yang nantinya difungsikan untuk memantau situasi evenf F1 Powerboat," ujarnya.

Kapolda menambahkan untuk jumlah personel gabungan yang diturunkan melaksanakan pengamanan sebanyak 1.500 personel. Namun demikian jumlah personel gabungan masih dalam tahap penghitungan.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023