Berkah di peringatan hari amal bhakti, sebanyak 315 santri tingkat madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah di Kabupaten Padang Lawas menerima bantuan besasiswa berprestasi dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Padang Lawas.

Prosesi serah terima bantuan siswa berprestasi ini berlangsung dalam rangkaian kegiatan upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI ke - 77 tahun 2023 yang digelar Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas (Palas) bekerja sama dengan Pemkab Palas di lapangan MTs Negeri 1 Padang Lawas, Kecamatan Barumun, Sibuhuan, Selasa (3/1) pagi.

"Semoga bantuan ini bermanfaat dan kiranya menjadi motivasi bagi anak - anak kami seluruh penerima untuk terus meningkatkan prestasi masing - masing ke depan. Kami juga berharap, bantuan beasiswa ini jadi pendorong bagi - anak kami yang belum berhasil untuk lebih giat belajar guna meraih prestasi di masa yang akan datang," tutur Kakan Kemenag Palas H. Abdul Manan MA di acara penyerahan bantuan beasiswa berprestasi secara simbolis ini bersama Plt Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu.

Di momen peringatan HAB ke - 77 ini, Plt Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu (AZP) mengajak seluruh ASN Kemenag termasuk di Palas untuk menguatkan niat pengabdian dan pelayanan kepada umat, dan menjadikan peringatan HAB kali ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kemenag dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

Kemenag pada HAB ke-77 tahun 2023, lanjutnya, mencanangkan tagline "Kerukunan umat untuk Indonesia Hebat".

Untuk menjaga dinamisasi dan stabilitas kerukunan khususnya di tahun ini sebagai tahun politik, Menteri Agama menuntut ASN Kementerian Agama, para ulama dan tokoh masyarakat berada di garis terdepan dalam menjaga kerukunan umat beragama.

"Keluarga besar Kementerian Agama bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai, agar perjalanan dan tahapan pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi. Dalam pengertian yang sesungguhnya untuk itu, semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kementerian Agama," ujar AZP mengutip sambutan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Menag juga mengajak seluruh jajaran Kemenag RI menjadikan momentum peringatan HAB tersebut untuk meningkatkan soliditas organisasi. 

"Kita harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik, dan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," tandasnya.

Sebelumnya, Kakan Kemenag Palas H. Abdul Manan MA, mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada seluruh tamu undangan, juga peserta atas kehadiran mereka di kegiatan upacara peringatan HAB Kemenag ke - 77 yang digelar pihaknya bekerja sama dengan Pemkab Palas itu.

Melalui kegiatan peringan HAB Kemenag kali ini, ia berharap, dapat meningkatkan hubungan silaturrahmi dan sinergitas antara pihaknya dengan seluruh elemen masyarakat dan jajaran Forkopimda Palas ke depan.

Peringatan HAB ini juga dirangkai dengan penyerahan penghargaan Juara III Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2022, yang digelar Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI beberapa waktu lalu, kepada Hj. Harmidawati, S.Pdi Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bulusonik Kecamatan Barumun. 

Juga penyematan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Bakti dari Persiden RI Joko Widido kepada 32 ASN Kemenag Palas. Kategori pengabdian 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun. Juga penyerahan penghargaan Dharma Bakti kepada 8 orang ASN Kemanag Palas.

Acara peringatan HAB Kemenag ini, turut dihadiri Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK, Kajari Palas Teuku Herizal, SH, MH, Pabung Kodim 0212 / TS Kapten ARH Saleh Hasibuan, Ketua BSPPL H. Pauzan Hamidy Hasibuan bersama pimpinan Ponpes se - Palas, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Pewarta: Ashari Hasibuan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023