Sepanjang tahun 2022 Polres Kota Sibolga  mencatat sebanyak 349 kasus kejahatan konvensional.

Hal tersebut, diungkapkan Kapolres Kota Sibolga AKBP Taryono Raharja saat menggelar konferensi pers penanganan kasus tindak pidana kejahatan dan peningkatan penguatan fungsi layanan kepada masyarakat tahun 2022, di Mapolres Sibolga, Jumat (30/12) 

“Kasus kejahatan paling dominan sepanjang 2022 adalah kejahatan konvensional yang tercatat sebanyak 349 kasus,” kata Taryono.

Menurutnya, kasus tindak pidana paling menonjol di antaranya, kasus ledakan bom ikan di Tangkahan UD Baringin, kasus penyalahgunaan BBM jenis solar, kasus sisik trenggiling, dan juga kasus dugaan pembunuhan di Hotel Bona Pasogit Sibolga yang sampai saat ini masih ditangani.

"Dari hasil jumlah kejahatan yang dilaporkan (crime total) di periode 2022 mengalami peningkatan 45 kasus (11,39%). Demikian dengan penyelesaian tindak kejahatan (crime cleareance) juga meningkat 12 kasus (11,39%) dibanding 2021," ujarnya

Lanjutnya, selain kasus kejahatan, kasus narkoba dengan barang bukti 85,95 gram sabu. Tersangkanya inisial TCH, merupakan tangkapan terbesar di Polres Sibolga.

"Sepanjang 2022, kita telah berhasil menyelesaikan 71 kasus melalui proses dialog dan mediasi (restorative justice)," ucapnya.

Sementara itu. Sambungnya, di bidang pelayanan masyarakat, Polres Sibolga juga melakukan penguatan fungsi layanan online di antaranya, aplikasi signal yang memudahkan masyarakat membayar pajak, SKCK online, layanan call center WhatsApp di nomor 08116512003 yang buka 24 jam. 

“Layanan call center WhatsApp ini terhubung langsung dengan nomor saya dan para pejabat utama Polres Sibolga. Jadi setiap ada laporan, kami langsung mengetahui. Dari sistem pelayanan online tersebut, Polres Sibolga mencatat 99,51% kinerja survei kepuasan masyarakat dengan 1.933 responden," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, mewakili Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan, Asisten I Pemko Sibolga, Joshua Hutapea bersama dengan Wakil ketua DPRD Sibolga, Jamil Zeb Tumori, mengapresiasi capaian kinerja Polres Sibolga di bawah kepemimpinan AKBP Taryono Raharja. 

"Koordinasi bersama Polres Sibolga senantiasa berjalan dengan baik. Saya salut dan bangga dengan kinerja Polres Sibolga tersebut, penanganan kasus secara restorative justice merupakan langkah bijak dalam penyelesaian sebuah perkara," katanya.
 

Pewarta: Tamy

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022