Ketersediaan berbagai bahan pokok menjelang perayaan Natal 2022 maupun Tahun Baru 2023 di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, dinilai mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kepala Dinas ketahanan Pangan dan Pertanian Samosir, Tumiur Gultom di Pangururan, Rabu, mengatakan, dari hasil monitoring dan pengawasan yang dilakukan, pasokan bahan pokok strategis di Kabupaten Samosir menjelang Natal dan tahun baru tercukupi.

Ketersediaan pangan strategis dengan harga masih normal. Hasil monitoring dari 7 pasar tradisional, bahan pokok strategis di masing-masing pasar masih cukup.

"Survey dilakukan pada 7 pasar tradisional oleh petugas enumerator di Kecamatan Pangururan, Simanindo, Palipi, Nainggolan, Sianjur Mulamula dan Onan Runggu. Mengecek harga kepada minimal tiga orang pedagang eceran per komoditi pangan," katanya.

Baca juga: Kapolda pastikan kesiapan Pelabuhan Ajibatajelang perayaan Natal

Sementara Asisten II pemkab Samosir, Hotraja Sitanggang menegaskan, ketersediaan bahan pokok strategis di Kabupaten Samosir harus benar-benar diawasi dan dimonitor setiap saat. Satgas pangan harus memastikan tidak ada spekulan dan penimbunan komoditas yang berdampak pada inflasi.

"Satgas pangan untuk konsisten dan melaporkan harga dan ketersediaan komoditas. Bersinergi dengan TPID, sehingga bahan pangan benar-benar tersedia dengan harga yang terjangkau di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Sebagai upaya pengendalian inflasi, TPID diharapkan konsisten menginventarisasi data dan informasi perkembangan harga barang dan jasa secara umum.

Mengantisipasi melonjaknya kebutuhan pokok menjelang Natal dan tahun baru, Diskopnakerindag, Dinas Ketapang dan Pertanian, Bagian Perekonomian diminta untuk aktif melakukan monitoring harga dan pasokan bahan pokok di setiap pasar.

"Sebagai daerah pariwisata, Samosir akan banyak dikunjungi, baik perantau maupun wisatawan, sehingga permintaan kebutuhan pokok akan semakin banyak pula. Maka ketersediaan bahan pokok strategis di Kabupaten Samosir harus benar-benar tercukupi," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022