Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, bakal menerima bantuan ribuan bibit pertanian dari Kementerian Pertanian berupa bibit jagung, padi dan sorgum yang akan disalurkan pada awal tahun 2023.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi, Robot Simanullang, di Sidikalang, Jumat, membenarkan adanya bantuan yang akan dikucurkan oleh Kementerian Pertanian.

Menurut Robot Simanullang, bantuan bibit tersebut berupa bibit jagung untuk 2.000 hektare, bibit padi untuk 1.000 hektare, dan penangkaran bibit sorgum 20 hektare. Namun menurut dia, bantuan tersebut akan dikucurkan pada tahun 2023.

Ia mengatakan, bantuan tersebut adalah sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten Dairi dalam mewujudkan program Agri Unggul.

"Saya lihat dan saksikan langsung bapak Bupati bolak-balik ke Jakarta untuk mengusulkan program itu. Saya beberapa kali ikut mendampingi beliau. Nah, kita bersyukur tahun ini kita dapat bantuan bibit. Semoga bantuan ini segera datang. Mohon doa dan dukungan dari masyarakat agar program Agri Unggul ini bisa terwujud," katanya.

Baca juga: Pemkab Dairi salurkan BLT penyesuaian harga BBM kepada 708 warga

Sebelumnya Bupati Dairi Eddi Beuru, mengatakan pihaknya sangat menyambut dan bekerja keras untuk memenuhi arahan bapak Presiden, Menteri Pertanian dan Wamentan untuk meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Dairi.

"Di Dairi beberapa komoditi memang surplus yang biasanya membuat inflasi, tetapi kami terus bekerja agar bisa membantu dan mensuplai daerah lain yang membutuhkan komoditi kami seperti cabai, kentang, kubis dan jagung," ujarnya.

Menurutnya, sesuai dengan arahan bapak Wamentan kami siapkan lahan untuk Demplot sorgum dan Kawasan Pertanian Terpadu (KPT).

"Dan kami bersyukur kami dapat menyiapkan lahan untuk Demplot sorgum di Lau Mil dan KPT jagung di Kecamatan Tigalingga dan Tanah Pinem. Untuk sorgum, kami masih belajar. Tapi untuk jagung petani sudah terbiasa," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022