Masyarakat di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara khususnya, diajak meningkatkan kebersamaan untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Ajakan ini disampaikan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Partai Gerindra Gusmiyadi, Minggu (4/12), saat reses di Kecamatan Gunung Maligas. 

Reses bertema "Penyebarluasan ideologi Pancasila dan penguatan wawasan kebangsaan" itu mensasar masyarakat, khususnya kaum muda. 

Diingatkan, ancaman disintegrasi melalui isu SARA masih ada di tengah-tengah kehidupan berbangsa, seperti di Papua masih bergejolak. 

Setiap warga dan elemen masyarakat pun dimotivasi memiliki kebesaran hati menerima perbedaan yang ada, dan menjadikannya sebagai potensi untuk kemajuan, bukan perpecahan. 

"Kita harus legowo terhadap perbedaan demi kesatuan dan persatuan bangsa," ujarnya. 

Goben, panggilan akrabnya, juga mengajak unsur pemerintah mengangkat potensi di daerahnya untuk kemajuan perekonomian masyarakat, kesehatan dan ketahanan pangan sebagaimana program Pemerintah Pusat. 

Sosok yang bermasyarakat dan kerap mengunjungi pedesaan di wilayah Kabupaten Simalungun maupun Kota Pematang Siantar untuk menyerap aspirasi masyarakat dan memberi solusi sesuai kemampuan. 

Dicontohkan, di Nagori Karang Sari, Kecamatan Gunung Maligas mulai dibudidayakan tanaman anggur dan berpotensi menjadi "Kampung Anggur".


 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022