UISU memberikan award (penghargaan) kepada Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, S.H. MM atas keberhasilannya pada program ketahanan pangan yakni pengembangan komoditas bawang merah di Kota Padangsidimpuan. Pemberian award itu bersamaan dengan kegiatan kuliah umum yang digelar di Auditorium UISU, Kamis (1/12).

Piagam dan plakat penghargaan langsung diserahkan Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP kepada Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution,S.H.MM atas keberhasilannya mengajak masyarakat serta menginisiasi pengembangan komoditas bawang merah. Irsan Efendi Nasution, SH, MM merupakan kepala daerah yang berhasil menggagas pengembangan komoditi bawang merah dalam upaya memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat sekaligus menekan inflasi di kota Padangsidimpuan dan Sumatera Utara.  

Turut hadir  dalam kegiatan itu, Ketua Bidang Usaha Pengurus Yayasan UISU Prof. Dr. Ir. Mhd. Assad, M.Si, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin MAP, Kepala Perwakilan BI Sibolga, Yuliansah Andrias, Asisten III Pemko Padangsidimpuan Hamdan Syukri Siregar, S.Sos, MM serta beberapa OPD Kota Padangsidimpuan serta mahasiswa UISU

Walikota Padangsidimpuan dalam paparannya ketika kuliah umum dihadapan ratusan mahasiswa menjelaskan bahwa penanaman bawang merah di Padangsidimpuan ini merupakan salah satu implementasi visi dan misi Padangsidimpuan dalam rangka menyediakan pangan masyarakat sebagai wujud ketahanan pangan daerah kota Padangsidimpuan.

“Tujuan program ketahanan pangan ini juga untuk membuka lapangan pekerjaan, untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif dan dapat meningkatkan potensi ekonomi rakyat,”ujarnya.

Dijelaskannya,  bahwa penanaman bawang merah di kota Padangsidimpuan dilaksanakan disemua wilayah kota Padangsidimpuan. Konsentrasi terbesar penanaman komoditi ini ada di 4 kecamatan, yakni Padangsidimpuan Tenggara, Padangsidimpuan  Batunadua, Padangsidimpuan  Hutaimbaru dan Padangsidimpuan Angkola julu. Program ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing ekonomi daerah yang unggul dan meningkatkan kualitas daya saing komoditi unggul daerah,”jelasnya.

Sementara itu, Pengurus yayasan  UISU Prof.Dr. Ir.Mhd. Asaad,M.Si dalam sambutannya berharap program yang dilaksanakan Walikota Padangsidimpuan  mampu mengatasi inflasi di Sumatra Utara. “Agar ketersedian produk yang ada bisa diproduksi dan diimpor, kami memberikan penghargaan sebesar-besarnya kepada bapak walikota Padangsidimpuan,”ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UISU Dr.H.Yanhar Jamaluddin, MAP pada menyampaikan pentingnya kegiatan kuliah umum dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa dengan menghadirkan praktisi dan kalangan birokrasi. “Karena itu kita berharap kuliah umum ini bisa menjadi kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat lebih lanjut dengan hadirnya mahasiswa untuk membantu program-program yang dilaksanakan oleh pemerintah,”katanya. 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022