PT Tirta Sibayakindo (AQUA Berastagi) meraih penghargaan Platinum dalam gelaran anugerah Indonesia SDGs Award (ISDA) 2022 yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD), Selasa (22/11) di Jakarta.

"Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi implementasi program One Planet One Health yang selama ini dilakukan perusahaan untuk masyarakat dan lingkungan sekitar," kata Stakeholder Relation Manager PT Tirta Sibayakindo, Esron Siringoringo didampingi CSR Coordinator Darmadi, ST melalui siaran pers yang diterima di Medan, Selasa (24/11).

Lebih lanjut Esron menjelaskan, tahun ini perusahaan mengikuti ISDA award, mengambil salah satu program yakni Program Peningkatan Kesadaran PHBS dan Ekonomi Masyarakat melalui Pengelolaan Sampah Non B3 yang dilakukan melalui Pembentukan dan Pendampingan Bank Sampah SIMPATIK (Solusi Integral Penanggulangan Akumulasi Sampah Plastik)  di Desa Sugihen kecamatan Dolat Rayat, Kabupaten Karo.

Program ini lanjut Esron bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan yang berdampak kepada kesehatan masyarakat sesuai dengan pilar Ke-4 STBM yaitu Pengelolaan Sampah Rumah Tangga yang Benar serta peningkatan ekonomi masyarakat Desa Sugihen. 

Dalam desain program yang salah satunya merencanakan peningkatan kesadaran ataupun perubahan pola pikir merupakan kunci dari keberhasilan program ini sehingga dalam implementasinya masyarakat, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karo, Pemerintah Kecamatan Dolat Rayat, Pemerintah Desa Sugihen, dan Lembaga lain adalah pihak yang sangat perlu untuk dilibatkan. 

Secara umum desain program Peningkatan Kesadaran PHBS dan Ekonomi Masyarakat melalui Pengelolaan Sampah Non B3 ini dimulai dengan melakukan identifikasi masalah dan baseline survey melalui FGD bersama Lembaga Penggiat Lingkungan, FGD bersama Pemerintah Kecamatan dan Desa, FGD bersama PKK. 

Selanjutnya dilakukan perencanaan program berdasarkan hasil baseline survey tersebut selanjutnya implementasi, monitoring, evaluasi, dan pembelajaran.

Pewarta: Akung

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022