Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.  Pasaribu menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 tingkat kabupaten itu, Kamis (10/11).

Bertindak sebagai Komandan Upacara yang dilangsungkan di Lapangan Parade, Perkantoran Pemkab Tapsel, Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok itu Kapten Inf. Sudirman Pakpahan.

Hadir di upacara itu unsur Forkopimda Tapsel, Pj Sekda Tapsel, para Asisten, pimpinan OPD, perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN), pelajar, TNI, Polri, Satpol PP, Veteran, OKP dan Ormas.

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dalam amanat yang dibacakan Bupati Tapsel mengatakan peringatan hari pahlawan yang dilaksanakan setiap tahunnya sebagai upaya untuk menemukan kembali jejak pahlawan sebagai bangsa dan negara merdeka.

“Mari kita hidupkan kembali perjuangan pahlawan bangsa yang gugur dalam pertempuran demi mempertahankan kemerdekaan dengan penuh semangat dan keikhlasan,” ajak menteri dalam amanat itu.

Disampaikan bahwa para pejuang kemerdekaan Indonesia dahulu secara gagah berani melawan tentara musuh yang bersenjata lengkap sampai mengorbankan tetes darah penghabisan untuk kemerdekaan sesungguhnya.

"Namun hari ini kita berada dalam perjuangan besar dalam menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh,” tegasnya.

Usai upacara Bupati Tapsel yang didampingi Forkopimda dan Pj Sekda menyerahkan tali asih kepada 13 orang veteran yang masing-masing mendapatkan Rp1.000.000, sedangkan 50 orang janda veteran masing-masing mendapatkan Rp500.000.

Setelah itu  Bupati dan rombongan Forkopimda Tapsel lainnya meninggalkan lapangan upacara seterusnya melaksanakan ziarah dan sekaligus tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Sahala Muda Pakpahan, di Lembah Bukit Tor Simago-mago, Sipirok.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022