Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerja sama dengan tujuh perguruan tinggi swasta di Indonesia dalam upaya mendukung dan memperkuat program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Ruang lingkup kerja sama itu meliputi pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi ilmiah," kata Dekan FISIP UMSU Dr Arifin Saleh di Medan, Kamis.

Ke tujuh kampus yang sepakat menjalin kerja sama dengan FISIP UMSU tersebut adalah Universitas Islam Riau, Universitas Telkom Bandung, Universitas Islam Sumatera Utara, UPU Medan, Universitas Sangga Buana Bandung, STISIP Syamsul Ulum Sukabumi, dan Universitas Bosowa Makassar.

Ia mengatakan, ke depan kolaborasi sesama kampus akan banyak mendukung kualitas pembelajaran yang nantinya dapat berdampak pada kualitas lulusan.

FISIP UMSU, menurut dia, selalu mendapat dukungan dari pihak universitas dan rektorat untuk terus menguatkan jaringan dan menggalang kolaborasi.

"Banyak yang bisa dilakukan melalui kerja sama ini, misalnya pertukaran dosen mengajar dan melakukan kolaborasi riset dengan luaran jurnal terindeks Sinta atau jurnal internasional bereputasi," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022