Kabupaten Samosir menjadi tuan rumah pelaksanaan Biannual Tourism Forum yang digagas Kemanperakraf dengan tema "Peningkatan Kapasitas SDM Pariwisata dalam mendukung Program Pembangunan Pariwisata Terintegrasi dan Berkelanjutan (P3TB)."

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Samosir, Tetti Naibaho, di Pangururan, Kamis, menyebutkan pihaknya sangat mengapresiasi  Kemenparekraf atas pelaksanaan kegiatan itu di Kabupaten Samosir sebagai jantungnya Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba. 

Setelah ditetapkannya Danau Toba sebagai salah satu DPSP oleh pemerintah pusat, dukungan dan perhatian dari kementerian sudah banyak diterima Kabupaten Samosir di antaranya pembangunan infrastruktur fisik maupun sosial dalam mendukung kepariwisataan.

Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Samosir, Hotraja Sitanggang, menyampaikan terima kasih telah dipilihnya Kabupaten Samosir "Negeri Indah Kepingan Surga, Titik Nol Peradaban Batak" sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Biannual Tourism Forum.

Kegiatan itu sangat tepat dalam mendukung cita-cita Samosir sebagai tujuan wisata internasional 2025. 

Ia mengatakan, Kabupaten Samosir patut berbangga berkat perhatian dan kepedulian pemerintah pusat dan kementerian.

Berbagai pembangunan infrastruktur terus berjalan seperti peningkatan jalan lingkar Samosir, pengadaan kapal ferry, pembangunan pelabuhan-pelabuhan ferry, peningkatan destinasi/objek wisata, homestay dan lain sebagainya.

Akan tetapi, yang menjadi pekerjaan rumah sangat besar bagi Pemerintah Kabupaten Samosir adalah merubah mindset masyarakat agar siap menjadi tuan dan nyonya rumah yang baik bagi wisatawan.

"Oleh karena itu, kami berharap pegiat pariwisata yang hadir dalam forum itu dapat membantu dan mendukung kami dalam mengubah mindset masyarakat menjadi pelayan yang baik dengan mengedepankan falsafah Dalihan Natolu menyongsong Samosir Tujuan Wisata Internasional 2025", ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Hotraja Sitanggang mengajak para peserta forum yang hadir agar berkunjung ke objek wisata di Samosir dan mendukung pengusaha lokal untuk bangkit pasca pandemi COVID-19 dengan membeli produk-produk UMKM sebagai oleh-oleh khas dari Samosir.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022