Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil meraih juara 1 untuk Lomba Baca Puisi Putra dan Komik Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XVI Tahun 2022 yang digelar di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur.

Selain itu, USU juara 2 untuk kategori Lomba Vocal Grup. Perlombaan tersebut digelar sejak 25 hingga 28 Oktober 2022.

Rektor USU Muryanto Amin dalam keterangan tertulisnya di Medan, Jumat, mengatakan bangga kepada para pemenang yang telah membawa nama harum USU di kegiatan nasional.

Ia mengucapkan terima kasih juga kepada para delegasi mahasiswa USU yang telah tampil membawa nama baik perguruan tinggi negeri itu.

"Semua mahasiswa USU yang tampil di Peksiminas XVI adalah juara," ucapnya.

Muryanto menyebutkan perolehan prestasi dalam kompetisi Peksiminas bagi USU menunjukkan bawa perguruan tinggi tersebut memiliki talenta seni dan budaya.

"Kita perlu melakukan pembinaan secara serius bagi unit kegiatan mahasiswa yang memiliki talenta seni dan budaya," kata dia.

Direktur Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian USU Doli Muhammad Jafar Dalimunthe memberi kesempatan mahasiswa USU untuk tampil dalam kegiatan besar seperti ini merupakan tupoksi, terutama para alumni.

Ia juga menyatakan pentingnya fokus membina kreativitas mahasiswa agar mampu mengubah paradigma serta meningkatkan karakter mahasiswa USU.

"Kami juga berharap dukungan dari Pak Rektor USU, tahun depan kita lebih banyak lagi meningkatkan pengiriman delegasi mahasiswa," kata dia.

Kegiatan Peksiminas XVI secara total diikuti 838 mahasiswa dari 123 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022