Pendidikan merupakan kunci perbaikan dan peningkatan kualitas hidup manusia. Pendidikan juga menjadi alat untuk memajukan kehidupan bangsa. Namun dalam praktiknya, khususnya di Indonesia, tidak semua golongan masyarakat bisa mengakses pendidikan yang berkualitas, terutama disebabkan oleh faktor ekonomi.

Tanoto Foundation, organisasi filantropi independen di bidang pendidikan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981, sangat peduli akan hal ini. Dan Tanoto Foundation yakin bahwa setiap individu harus memiliki kesempatan untuk mewujudkan potensinya secara penuh, khususnya melalui pendidikan berkualitas. 

Karena itu, melalui program Tanoto Youth Scholarship, Tanoto Foundation kembali memberikan beasiswa kepada pelajar berprestasi dari keluarga yang kurang mampu di Sumatera Utara khususnya di kota Medan.

Program yang telah berjalan sejak tahun 2010 ini telah memberikan beasiswa kepada 884 murid dari 21 sekolah mitra yang terdiri dari SMP, SMA, dan SMK. Untuk tahun ajaran 2022-2023, Tanoto Youth Scholarship diberikan kepada 69 siswa baru, dengan total penerima beasiswa sebanyak 170 siswa. 

Pemberian beasiswa Tanoto Youth Scholarship 2022 ditandai dengan seremoni penyerahan sertifikat yang diselenggarakan di Garuda Hall Uniplaza Building Medan pada Kamis, 27 Oktober 2022.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Dr H Asren Nasution, MA yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Murdianto SPd, MM. 

Berhubung sekarang kita telah memasuki masa industry 4.0, sangatlah penting untuk setiap siswa-siswi penerus bangsa kita untuk bisa memanfaatkan teknologi supaya dapat mengembangkan diri yang sejalan dengan profil pelajar Pancasila untuk memiliki nilai integritas, bernalar kritis serta bisa berkolaborasi dengan yang lainnya. Kami berterima kasih kepada Tanoto Foundation yang tidak hanya memberikan beasiswa namun juga memberikan program pengembangan kapasitas kepada siswa.

Program Manager Tanoto Foundation Medan, Jeffrey Jeo, menyampaikan, “Program ini adalah program yang dilakukan setiap tahun oleh Tanoto Foundation. Kami berharap beasiswa ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi pelajar dan mendorong para penerima beasiswa atau scholars untuk lebih semangat belajar.

Para scholars tidak hanya mendapatkan dukungan finansial untuk pendidikan, namun juga pelatihan yang berkesinambungan untuk mengembangkan potensi dan kapasitas mereka sehingga bisa berkompetisi secara global nantinya.

Selain beasiswa, program Tanoto Youth Scholarship juga memberikan manfaat untuk orang tua penerima beasiswa. Lewat parents gathering, orang tua diberikan motivasi dan bimbingan untuk membantu anak-anak mereka hingga ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022