Satuan Lantas Polres Langkat bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara  melakukan pemasangan rambu-rambu lalu lintas di jalan yang dianggap rawan dan sering terjadi kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

"Faktor terjadinya laka lantas itu sendiri bisa saja terjadi karena faktor manusianya (kelalaian dalam mengemudikan kendaraan)," kata Kasatlantas Polres Langkat AKP Hosea Ginting, dalam keterangan tertulis diterima, Rabu.

Hosea menyebutkan selain itu, kecelakaan lalu lintas juga disebabkan kondisi jalan yang rusak, menikung, tidak tersedianya rambu-rambu sebagai peringatan yang terpasang di pinggir jalan, dan bisa saja kendaraan yang tidak laik.

"Betapa pentingnya pengemudi dalam menjalankan kendaraan untuk selalu hati-hati dan selalu memperhatikan sekitar jalan yang dilalui," ucapnya.

Ia mengatakan apabila lalai akan menyebabkan kecelakaan mengingat kondisi jalan di wilayah hukum Polres Langkat yang berbatasan dengan Provinsi Aceh memiliki lintasan lurus.

"Aspal yang bagus, pengemudi harus selalu menjaga  kecepatan kendaraan dengan baik dan aman," katanya.

Hosea  menambahkan jika tidak di antisipasi dengan pemasangan rambu-rambu lalu lintas guna di berikan peringatan kepada  pemakai jalan maka bisa  berpotensi menimbulkan laka lantas.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022