Tiga entitas holding Ultra Mikro (UMi) yakni BRI, Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM) menggelar Festival Pasar Senyum Rakyat di Medan, Jumat, untuk mendorong kemajuan UMKM. 

Festival Pasar Senyum Rakyat dibuka oleh Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution yang diwakili Wakil Wali Kota dan Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srianita Ginting serta Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah.

"50 UMKM ikut dalam Festival Pasar Senyum Rakyat itu," ujar Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah.

Ke-50 UMKM itu masing-masing 15 UMKM nasabah BRI, 15 UMKM nasabah Pegadaian, 15 UMKM binaan PNM dan 5 UMKM binaan Dinas Koperasi Medan. 

Masing-masing UMKM menawarkan produk unggulan mereka mulai kuliner, fesyen hingga kerajinan tangan.

Eka Pebriansyah mengatakan, Festival Pasar Senyum Rakyat di Kota Medan merupakan rangkaian pagelaran unjuk gigi bagi para pelaku usaha, sekaligus sebagai ajang sosialisasi produk pembiayaan bagi pelaku usaha, agar UMKM dapat tumbuh dan naik kelas.

"Alhamdulillah rangkaian Festival Pasar Senyum Rakyat dari mulai Cirebon, Denpasar dan Kota Medan hari ini dapat terlaksana dengan baik," katanya. 

Holding Ultra Mikro, ujar dia, diharapkan dapat membangkitkan semangat UMKM untuk lebih berdaya saing melalui pendampingan dan pembiayaan usaha melalui produk-produk yang ditawarkan oleh BRI, Pegadaian dan PNM. 

Selain bisa melihat dan membeli produk UMKM, para pengunjung juga dapat mengikuti talkshow interaktif tentang solusi finansial bersama nara sumber pengusaha UMKM sukses di Medan.

Talkshow tentang legalitas, perizinan, sertifikasi, permodalan, pemasaran produk, hingga literasi tentang bagaimana mengembangkan bisnis secara digital atau daring melalui aplikasi bisa menjadi bekal pengunjung untuk memulai usaha atau bahkan meningkatkan bisnisnya. 

“Saya berharap iven ini dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang hadir untuk menambah ilmu tentang kewirausahaan, mengelola dan mengembangkan usaha dari nol hingga menjadi sukses," katanya.

Pegadaian sendiri, dalam iven itu menawarkan banyak promo, mulai dari memberi diskon 20 persen untuk buka tabungan emas, diskon 1 persen untuk top up tabungan emas, dan diskon Rp10.000 untuk cicil emas.

Wakil Wali Kota Medan Aulia Rahman mengatakan, Pemkot Medan mengapresiasi Festival Senyum Rakyat itu. 

Aulia mengatakan, Pemkot Medan terus mendukung UMKM, namun terbatas karena keterbatasan anggaran. 

"Jadi support pihak lain seperti yang dilakukan BRI, Pegadaian dan PNM sangat dibutuhkan," ujar Aulia. 

Dukungan yang dilakukan BRI, Pegadaian dan PNM sangat diapresiasi.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022