Para siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 126 Gunung Baringin dan masyarakat setempat melaksanakan sholat Shubuh berjamaah di masjid Jamik Diyaul Islam Kelurahan Gunung Baringin, Kecamatan Panyabungan Timur, Madina.

Program sholat Shubuh berjamaah itu turut juga dihadiri oleh Lurah Gunung Baringin, Ahmad Dahri SH, Kepala SDN 126 Gunung Baringin, Lukman para guru dan siswa kelas 4, 5 dan 6.

Lurah Gunung Baringin, Ahmad Dahri kepada ANTARA, Minggu (16/10) menyampaikan, selain merupakan kewajiban sebagai seorang muslim, pelaksanaan sholat Shubuh berjamaah ini juga didalam menyikapi peraturan Bupati Mandailing Natal nomor 12 tahun 2022 tentang Kurikulum Berbasis Pendidikan Agama dan Para Satuan Pendidikan Kabupaten Madina.

Yang salah satu implementasinya adalah pelaksanaan sholat Shubuh berjamaah di lingkungan Pemkab Madina.

"Untuk menggalakkan peraturan Bupati Madina nomor 12 tahun 2022 itu, seluruh Camat, Lurah, Kepala Desa dan Kepala KUA Kecamatan di instruksikan agar melaksanakan program sholat Shubuh berjamaah di wilayah kerja masing-masing dan mengontrol pelaksanaanya bagi murid SD, SMP setiap hari Minggu," ujar Lurah.

"Alhamdulillah, untuk tingkat kelurahan kegiatannya berjalan dengan baik. Semoga hari ini dan untuk kedepannya sholat subuh berjamaah tetap seperti sekarang ini dan seterusnya," tambahnya.

Pada kegiatan itu, Dahri berharap kepada segenap lapisan masyarakat termasuk kepada para pelajar, kepala sekolah dan guru, agar senantiasa menggalakkan pelaksanaan program sholat Shubuh berjamaah itu. 

Untuk pelaksanaan sholat Shubuh berjamaah itu, Bupati Madina juga telah mengeluarkan surat nomor 461/2957/Kesra/2022 tertanggal 14 Oktober. 

Dalam surat yang ditujukan kepada para asisten dan staf ahli, pimpinan OPD, para Camat dan Kepala KUA se Madina itu disampaikan agar seluruh OPD se kabupaten itu agar mengikuti sholat Shubuh berjamaah di masjid agung Nur Alannur Panyabungan setiap hari Minggu, serta mengajak seluruh ASN dan TKS di instansi masing-masing yang bertempat tinggal di wilayah Kecamatan Panyabungan dan sekitarnya.

Kemudian dalam surat itu juga disebutkan, kepada seluruh Camat, Lurah, Kepala Desa dan Kepala KUA Kecamatan agar melaksanakan program tersebut di wilayah kerja masing-masing dan mengawal peraturan Bupati Madina itu serta mengontrol pelaksanaannya bagi murid SD, SMP setiap hari Minggu dan melaporkannya kepada Bupati Madina.

Sementara itu, Kepala SDN 126 Gunung Baringin, Lukman menyebutkan, pelaksanaan sholat berjamaah itu selain diikuti oleh para dewan guru yang berdomisi di sekitar Kelurahan Gunung Baringin, juga diikuti siswa dari kelas 4,5 dan kelas 6.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022