Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, mengadakan gotong royong massal dengan melibatkan semua pihak untuk memperkuat semangat persatuan di daerah itu

Sekretaris Daerah Serdang Bedagai M Faisal Hasrimy di Seirampah, Sabtu, mengatakan kegiatan gotong royong dilaksanakan oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Serdang Bedagai yang terbagi di seluruh kecamatan se-Kabupaten Serdang Bedagai.

Kegiatan gotong royong, kata dia, merupakan salah satu pengamalan dari sila ketiga Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia. Hal ini karena gotong royong menjadi bagian dari manusia sebagai makhluk sosial.

"Gotong royong ini juga dapat menciptakan dan menumbuhkembangkan rasa persaudaraan serta memperkuat integrasi sosial masyarakat di desa maupun kelurahan," katanya.

Untuk memaksimalkan hasil yang nyata dalam pelaksanaan kegiatan gotong royong, para kepala OPD diminta untuk melaksanakan kegiatan gotong royong sesuai dengan jadwal yang terlampir dalam surat Bupati Sergai Nomor: 18.18/410/5419/2022 tanggal 26 September 2022.

"Para kepala OPD mengkoordinir pelaksanaan gotong royong massal dan memerintahkan jajarannya untuk membawa peralatan gotong royong di wilayah kerja gotong royong yaitu kecamatan yang telah ditetapkan," katanya.

Selanjutnya para camat menetapkan desa/kelurahan lokasi pelaksanaan gotong royong dan menggerakkan aparat kecamatan, kepala desa, perangkat desa, lembaga kemasyarakatan, dan petugas kebersihan desa untuk turut serta dalam kegiatan tersebut.

Menurut dia, khusus kecamatan yang ada di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) agar lebih fokus melaksanakan gotong royong di sekitar jalan khususnya membersihkan jalan dan parit. Selanjutnya para camat melaporkan hasil kegiatan pelaksanaan gotong royong massal beserta dokumentasi kepada pimpinan.

"Semoga dengan melaksanakan gotong royong kita dapat membangun kembali semangat gotong royong jajaran pemerintahan di tengah-tengah masyarakat. Saya berharap melalui kegiatan ini juga akan terbentuk solidaritas antara ASN/aparatur dan seluruh masyarakat," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022