Kader Posyandu dinilai memiliki peranan penting dalam upaya mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk memeriksakan kesehatan ibu hamil maupun anak-anak di Posyandu demi menurunkan angka stunting, kata Ketua Tim Penggerak PKK Serdang Bedagai, Rosmaida Darma Wijaya.

Rosmaida  di Seirampah, Jumat, mengatakan penanganan stunting saat ini menjadi program pemerintah yang sangat penting dilakukan untuk menekan angka stunting.

Untuk itu peran Posyandi dinilai sangat penting dalam memberikan edukasi kepada masyarakat yang akan memeriksakan kehamilannya dan membawa anak balitanya ke Posyandu di desa masing-masing.

Ia mengatakan, Kehadiran Posyandu merupakan langkah yang strategis dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Posyandu juga sebagai tempat untuk melakukan kontrol kehamilan pada ibu hamil guna menghindari kelahiran anak yang stunting.

"Terkait itu, kader Posyandu diharapkan agar bekerja dengan semangat untuk membantu pemerintah daerah dalam menurunkan stunting. Teruslah menambah ilmu yang dimiliki agar program-program Posyandu dapat diimplementasikan kepada masyarakat dengan sebaiknya," katanya.

Baca juga: Pemkab Serdang Bedagai berikan bantuan traktor kepada petani

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan Pemkab Serdang Bedagai menargetkan penurunan stunting hingga tahun 2024 sebesar 14 persen.

"Awalnya kita berada di angka 36 persen dan saat ini sudah 20 persen kemudian di tahun 2024 mendatang target kita menjadi 14 persen dan kita harus menurunkan 6 persen," katanya.

"Saya berharap kader Posyandu yang merupakan ujung tombak dalam menyampaikan pesan-pesan kepada para ibu dapat melaksanakan tugasnya setiap bulan secara rutin. Selain itu juga diharapkan mampu memberikan edukasi dan mengajak masyarakat untuk memeriksakan kesehatan ibu hamil maupun anak-anak di Posyandu demi menurunkan angka stunting," tambahnya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022