Panglima Daerah Militer I Bukit Barisan, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin menegaskan, peristiwa bencana alam gempa bumi di Tapanuli Utara harus menjadi pelajaran berharga untuk tindakan dan langkah penanganan yang lebih tepat pada masa mendatang.

"Bencana itu harus menjadi pelajaran bagi kita. Jika terjadi lagi seperti ini, sudah ada semacam SOP (standar operasional prosedur), sebagai pedoman untuk penanganan," ujar Mayjen Achmad Daniel Chardin, saat mengunjungi Posko bencana alam di Kantor Bupati Taput, Senin (3/10).

Harapnya, setiap tindakan penanganan dampak bencana segera dapat diterapkan untuk para korban.

Kunjungan Mayjen Achmad Daniel Chardin di Tarutung juga seiring dengan penyerahan bantuan bagi korban bencana gempa bumi Tapanuli Utara.

Pada kesempatan itu, Kapoldasu Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak juga memaparkan bahwa selain rekonstruksi fisik, Posko bencana yang melibatkan seluruh unsur Pemkab Taput-TNI Polri juga tengah melakukan rekonstruksi psikis yang sedang berjalan.

"Dilaporkan, kebutuhan air bersih untuk masyarakat juga sangat mendesak, termasuk masalah listrik, apakah masih ada yang mati dan tidak teraliri. Demikian halnya jaringan fiber optik oleh Telkom juga sedang diperbaiki," terang Irjen Panca Putra.

Dikatakan, kondisi secara umum berjalan dengan baik dan tetap mengimbau agar masyarakat tidak lagi takut untuk melakukan aktivitas kegiatannya sehari-hari.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022