Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar menggelar kegiatan sinergitas dengan lima kabupaten/kota di Sumatera Utara terkait Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Nasional (Gernas PIP), Jumat (30/9), di parkiran Pariwisata Kota Pematangsiantar. 

Lima dari delapan kabupaten/kota yang merupakan wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar itu, Pematangsiantar, Simalungun, Batubara, Tanjungbalai dan Labuhan Batu Selatan (Labusel). 

Kepala Perwakilan BI Pematangsiantar Teuku Munandar mengatakan, Gernas PIP bertujuan untuk mengendalikan inflasi yang meningkat guna menjaga daya beli masyarakat. 

Sedangkan program kerja Gernas PIP di wilayah kerja meliputi perluasan Kerjasama Antar Daerah (KAD) antara Pemkot Pematangsiantar dengan Pemkab Simalungun dan Pemkab Simalungun dengan Pemprov Bangka Belitung ditandai dengan pengiriman hasil bumi kentang. 

Selain itu, pemberian program urban farming kepada masyarakat di lima kabupaten/kota melalui TP PKK yang masing-masing daerah mendapat 7.700 polibag cabai merah, 3.500 polibag cabai rawit, 770 polibag sawi hijau dan 770 polibag tomat. 

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Pematangsiantar membuka pasar murah yang direspon antusias masyarakat setempat. 

BI berharap agar TPID di masing-masing kabupaten/kota berkoordinasi dengan tenaga penyuluh untuk memonitoring dan memberikan pendampingan kepada masyarakat. 

Sinergitas dan kolaborasi TPID bersama pemangku kepentingan diharapkan dapat menciptakan kestabilan harga pangan, supaya daya beli masyarakat tetap terjaga. 

Kelima kabupaten/kota menyatakan kesiapan mendukung dan melaksanakan program Gernas PIP seperti yang diungkapkan Wali Kota Pematangsiantar Hj dr Susanti Dewayani SpA dan Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun Drs Esron Sinaga. 

 

Pewarta: Waristo

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022