Bupati Samosir, Sumatera Utara, Vandiko Gultom, berupaya untuk menggalakkan program pembuatan pupuk organik sebagai salah satu upaya mengatasi keterbatasan pupuk kimia.

"Para kepala desa juga diharapkan untuk mendukung program tersebut. Di beberapa desa telah dilaksanakan dan menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan pupuk kimia," kata Bupati Samosir Vandiko Gultom di Pangururan, Jumat.

Apa yang disampaikan bupati tersebut merupakan salah satu poin penting dari rapat kerja yang dilakukan bersama kepala desa dan lurah di jajaran Pemkab Samosir di Aula Kantor Bupati Samosir.

Dalam rapat tersebut bupati juga menyampaikan agar program-program Pemkab Samosir benar-benar dilaksanakan di lapangan oleh semua kepala desa dan lurah.

Terkait program sirtunisasi (pengerasan badan jalan dengan batu dan pasir), kata dia, maka diharapkan kepala desa mendata sebanyak mungkin wilayah yang akan dibuka akses jalannya untuk pertanian. Karena memang pemkab menargetkan semua jalan desa terakses terutama ke sentra-sentra pertanian.

Baca juga: Bupati Samosir bertemu Kadin Kota Batam, ajak berinvestasi di Samosir

Program sertunisasi itu langsung menyentuh masyarakat. Kepala desa pun diharapkan menyosialisasikan kepada masyarakat agar jalan dapat dibuka supaya masyarakat terbantu.

"Saya sangat bangga karena antusias masyarakat dan kepala desa cukup baik dan menjadi semangat buat saya. Sirtunisasi ini jadi solusi jangka pendek yang langsung dirasakan masyarakat dan akan tetap dijalankan," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022