Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tapanuli Utara, Ranap Manalu, mengungkapkan, sebanyak 2.078 peserta sedang mengikuti ujian tertulis untuk mengisi sejumlah 488 formasi jabatan perangkat desa di 241 desa se-Taput.

"Para peserta sedang mengikuti ujian tertulis hari ini. Total 2.078 peserta untuk mengisi 488 formasi jabatan," terang Ranap, Jumat (16/9).

Dikatakan, peserta sedang mengikuti materi ujian terkait sistem pemerintahan desa, pengetahuan umum, peraturan desa, problematika desa, serta pengetahuan komputer.

Seleksi digelar untuk mengisi posisi jabatan perangkat desa yang bervariasi sesuai kebutuhan, di antaranya Sekretaris desa, Kepala urusan, maupun jabatan Kepala seksi.

"Nantinya, setelah mengikuti seleksi ujian tertulis, peserta uji masih akan mengikuti seleksi wawancara pada 19-21 September 2022," urainya.

Menurut Ranap, kegiatan ujian seleksi penerimaan calon perangkat desa yang digelar saat ini merupakan lanjutan tahapan seleksi pada 2019 lalu yang tertunda pelaksanaannya karena pandemi COVID-19.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022