Wali Kota Medan Bobby Nasution menargetkan Pasar Aksara baru berlantai tiga memiliki 859 kios yang masih dalam tahap akhir pembangunan akan beroperasi dua pekan lagi.

"Saya juga sudah minta ke dirut Perumda Pasar, maksimal dua minggu dari sekarang sudah bisa digunakan," ucap Bobby di Medan Estate, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis.

Hingga kini, ungkap dia, di Pasar Aksara yang baru secara umum sudah selesai dibangun, dan Pemkot Medan melalui Perumda Pasar telah melakukan pengundian nomor kios bagi para pedagang.

Wali kota mengatakan, nantinya Pasar Aksara baru ini akan menampung 859 pedagang yang merupakan relokasi dari Pasar Aksara lama di Jalan HM Yamin yang cuma menampung 819 pedagang.

Sebelumnya di 2021, pihaknya pernah meninjau pembangunan Pasar Aksara baru ini kala itu masih sekitar 50 persen, dan sesuai Perpres No.64/2014 merupakan milik Pemkot Medan, tapi berlokasi di kawasan Deli Serdang.

"Kunjungan ini kita lakukan untuk melihat progres, dan sekaligus kesiapan pasar sebagai pengganti Pasar Aksara lama yang terbakar beberapa waktu lalu," terangnya.

Wali kota juga sempat berbincang dengan sejumlah pedagang yang hadir di pasar ini dan meminta agar memperbaiki akses jalan dari dan menuju Pasar Aksara baru guna mempermudah melakukan aktivitas.

"Iya ibu-ibu, sabar ya. Ini wilayah Deli Serdang. Insya Allah saya sampaikan ke pak bupati, ya bu. Tapi nanti kalau sudah mulai berdagang di sini, tolong dijaga baik kebersihannya maupun fasilitas yang ada," tutur Bobby.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022