Anggota Komisi IV DPRD Kota Medan Edwin Sugesti Nasution mengajak Pemerintah Kota Medan untuk membangun pusat promosi produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) ciri khas daerah di Tugu Perbatasan Kota Medan, Sumatera Utara.

"Jadi warga yang hendak keluar dan masuk wilayah Kota Medan dapat beristirahat sambil menikmati produk jajanan dan kuliner ciri khas Medan," kata Edwin di Medan, Selasa.

Pembangunan tugu ini, lanjut dia, ditandai penataan tiga gapura di Kota Medan berbatasan Kabupaten Deli Serdang, yakni Jalan Sisingamangaraja, Jalan Jamin Ginting, dan Jalan Gatot Subroto.

Selain tempat promosi produk UMKM, ucapnya, juga sebagai tempat peristirahatan di wilayah perbatasan antara kedua daerah di Sumatera Utara, sehingga berdampak bagi peningkatan perekonomian.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan, Endar Sutan Lubis, mengatakan bahwa pembangunan tiga gapura itu akan menjadi ikon baru Kota Medan.

"Untuk gapura di Jalan Sisingamangaraja sebesar Rp4 miliar, Jalan Jamin Ginting Rp2 miliar, dan Jalan Gatot Subroto Rp3 miliar. Pengerjaan oleh konsultan profesional dengan seni ukir, miliki taman bermain dan tempat santai," katanya.

Pihaknya mengkaji kembali anjuran memiliki sarana promosi UMKM. "Cuma tiga lokasi dibangun tahun ini, dan gapura perbatasan kota Jalan Letda Sujono, Hamparan Perak dan Deli Tua direncanakan 2023," kata Sutan.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022