Untuk proses percepatan Pembangunan di Kabupaten Samosir peran swasta sebagai Investor sangat dibutuhkan. Pemerintah Kabupaten Samosir terus berusaha mengundang pihak swasta untuk berinvestasi dan menciptakan iklim investasi yang baik.

Salah satu yang dilakukan Bupati Samosir Vandiko T Gultom adalah melakukan pertemuan dengan Founder Panbil Group Johanes Kennedy Aritonang Sabtu, (4/9) di Batam. Pertemuan ini bertujuan untuk mengundang Panbil Group berinvestasi di Samosir.

Dalam kesempatan itu Bupati Samosir menyampaikan terimakasih banyak kepada Bapak Johanes Aritonang ditengah kesibukan memberi kesempatan kepada Pemkab Samosir memaparkan peluang Investasi Samosir ke pihak manajemen Panbil. 

Johanes Aritonang adalah salah seorang Putra Tapanuli yang sukses sebagai pengusaha kami berharap Group Panbil yang dinakhodai Pak Johanes melirik Samosir sebagai tempat berinvestasi. 

"Kami akan memaparkan peluang-peluang  Investasi yang menarik di Samosir  dan dukungan-dukungan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Samosir kepada para investor," katanya.

Tim dari Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas PMPTSP (Penaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) memaparkan peluang-peluang Investasi , Invesatasi yang sedang berlangsung dan Investasi yang sudah ada. 

Paparan Audio Visual peluang Investasi yang dikemas menarik diputarkan di depan pihak manajemen Panbil Group.

Founder Panbil Group Johanes Kennedy Aritonang menyampaikan terimakasih kepada Bupati Samosir dan rombongan yang sudah berkenan bertemu dengan manajemen Panbil Group dan menawarkan peluang investasi di Samosir. 

"Saya sebagai Putra Tapanuli selama ini memang berinvestasi tidak di Tapanuli dan yang pasti kami pengusaha harus memperhitungkan detail peluang investasi," kata Founder Panbil Johanes Aritonang yang memiliki karyawan lebih dari 30 ribu orang. 

Lanjutnya setiap tahun Group Panbil melakukan aksi sosial di Parmonangan dan Muara di  Tapanuli Utara ditahun ini direncanakan di bulan September akan dilaksanakan kembali dan akan ditambah ke Samosir berupa aksi sosial test kesehatan, pembagian kaca mata dan  pemberian makanan tambahan bergizi. 

Sekalian aksi sosial ke Samosir Tim Panbil Group akan melihat peluang Investasi di Samosir.
Bupati Samosir Vandiko T Gultom saat melakukan pertemuan dengan Founder Panbil Group Johanes Kennedy Aritonang (ANTARA/HO) (ANTARA/HO)


Studi tiru Pemkab Samosir di Batam

Dalam lawatan ke Batam, Bupati Samosir Vandiko T Gultom juga melakukan kunjungan kerja terkait program unggulan Pemkot Batam untuk diimplementasikan ke Kabupaten Samosir, Senin (5/9). 

Dalam kunjungannya Bupati Samosir bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir  Hotraja Sitanggang serta membawa beberapa Kepala OPD terkait.

Kedatangan Bupati Samosir bersama rombongan disambut langsung oleh Wali Kota Batam H.Muhammad Rudi bersama Sekretaris Daerah Kota Batam H.Jefridin Hamid dan beberapa Kadis yang berkaitan dengan program-program unggulan Pemko Batam di kantor Wali Kota Batam.

Dalam sambutannya Bupati Samosir Vandiko T Gultom mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Batam Muhamad Rudi yang memberikan waktunya menerima rombongan Pemkab Samosir dalam melaksanakan studi tiru beberapa program unggulan Pemkot Batam untuk dapat diimplementasikan di Kabupaten Samosir. 

"Kami bersama beberapa Pimpinan OPD yang berkaitan untuk menggali lebih dalam program yang akan ditiru di Kabupaten Samosir," katanya. 

Sementara Wali Kota Batam Muhamad Rudi menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati Samosir yang datang untuk melaksanakan studi tiru ke Pemkot Batam untuk berbagi ilmu yang bisa diimplementasikan di Samosir. 

"Saya perintahkan kepada staf di Pemkot Batam untuk memberikan informasi seluas-luasnya mengenai apa yang diperlukan pihak Pemkab Samosir. Sungguh indah saling berbagi demi kesejahteraan masyarakat," katanya.

Kota Batam sekarang sedang berbenah untuk menjadi kota modern. Perbaiki bandara dan pelabuhan-pelabuhan laut dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jadi, kata dia, dimomen pertemuan itu juga ia perintahkan agar Sekda Pemkot Batam menindaklanjuti penerbangan Batam -Silangit yang pernah ada dengan melakukan MOU dengan pihak Pemkab Samosir. 

"Saya sampaikan agar penerbangan itu kembali lagi tegas Walikota Batam sehingga Samosir dan Batam mempunyai hubungan yang baik dal saling menguntungkan," katanya.

Dalam diskusi awal beberapa hal yang  menjadi topik studi tiru seperti teknik peningkatan PAD (Retribusi dll) baik dari regulasi dan Teknologi Informasi, pengolahan Air Bersih  dan pengolahan sampah. Diskusi yang berlangsung akrab akan dilanjutkan kunjungan teknis ke dinas-dinas terkait. 
 
Bupati Samosir Vandiko T Gultom juga melakukan kunjungan kerja terkait program unggulan Pemkot Batam untuk diimplementasikan ke Kabupaten Samosir, Senin (5/9).  (ANTARA/HO)


Ajak Kadin berinvestasi di Samosir

Bertempat di Kantor Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Batam di Komplek Graha Kadin, Bupati Samosir Vandiko T Gultom melakukan pertemuan dengan Kadin Kota Batam yang diterima oleh wakil ketua KADIN kota Batam James Simaremare Senin, 5 September 2022.

Pertemuan dimulai dengan pemutaran Audio Visual peluang Investasi di Samosir yang dipersiapkan Dinas PMPTSP (Penaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kabupaten Samosir dilanjutkan diskusi tanya jawab dengan pengurus KADIN Kota Batam.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom mengharapkan anggota Kadin Kota Batam untuk melirik Kabupaten Samosir sebagai salah satu tempat berinvestasi.

Kehadiran pihak swasta sangat dibutuhkan dalam percepatan pembangunan Samosir dikarenakan keterbatasan APBD, kami akan berusaha menciptakan iklim investasi yang baik di Samosir.

Wakil ketua KADIN Kota Batam James Simaremare menyambut baik kedatangan Bupati Samosir beserta rombongan yang datang ke KADIN Batam dan mempresentasikan peluang-peluang investasi di Samosir. 

Kadin adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian. Kita selalu berusaha mencari peluang investasi yang menjanjikan.

Kabupaten Samosir sebagai Daerah Parawisata Super Prioritas(DPSP) menjadi salah satu penarik bagi para pengusaha untuk berinvestasi di Samosir. 

Pihak Kadin Kota Batam akan berkunjung ke Samosir direncanakan bulan November akan melihat peluang investasi. Pihak KADIN kota Batam sangat tertarik untuk melakukan Investasi di Samosir. Di akhir acara kedua belah pihak melakukan pertukaran cenderamata.
Bertempat di Kantor Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Batam di Komplek Graha Kadin, Bupati Samosir Vandiko T Gultom melakukan pertemuan dengan Kadin Kota Batam (ANTARA/HO)


Program air bersih

Untuk kegiatan Program Air Bersih di Kabupaten Samosir Bupati Samosir Vandiko T Gultom melakukan kunjungan kerja ke PT. Adhya Tirta Batam (ATB) pada Selasa (6/9) di Kantor Pusat PT.ATB di Komplek Permata Niaga Sukajadi Batam.

Bupati Samosir bersama rombongan diterima langsung oleh Presiden Direktur PT. ATB, Benny Adrianto bersama jajaran Direksi. PT.ATB adalah perusahaan yang sudah berpengalaman di wilayah Indonesia  dalam pengelolaan Air Bersih di kawasan. 

Bupati Samosir Vandiko T Gultom menyampaikan bahwa salah satu program prioritas Bupati Samosir adalah menuntaskan Air bersih untuk masyarakat, Peraturan Daerah memgenai Air Minum (Air Bersih) sudah menjadi Perda dan sedang di eksaminasi di Provinsi ini memjadi momen yang tepat.

"Kita harus segera tuntaskan agar warga Samosir memperoleh air bersih apalagi Samosir dikelilingi Danau Toba," katanya.
 
Untuk kegiatan Program Air Bersih di Kabupaten Samosir Bupati Samosir Vandiko T Gultom melakukan kunjungan kerja ke PT. Adhya Tirta Batam (ATB) pada Selasa (6/9) di Kantor Pusat PT.ATB di Komplek Permata Niaga Sukajadi Batam. .  (ANTARA/HO)

Presiden Direktur PT. ATB, Benny Adrianto dalam sambutan dan paparannya menyampaikan bahwa perusahaan ini sudah berpengalaman dibidangnya dalam pengelolaan air bersih dengan menggunakan teknologi tinggi baik dalam pengolahan dan pengawasan sehingga kualitas air terjamin dan memuaskan pelanggan.

"Sudah pernah kita melakukan survey ke Samosir melihat langsung kondisi dilapangan akan lebih gampang untuk melanjutkan kerjasama ini," katanya.

Dalam pemaparannya Benny menyampaikan proses pelaksanaan tahapan pekerjaan jika disepakati. Pada kesempatan tersebut juga ditunjukkan Command Center (Pusat perintah) pengelolaan Air bersih kepada rombongan dan bagaimana sistem pemgaturan pompa dan kebersihan air berproses yang akan dibuatkan jika kerjasama ini berlangsung.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022