Upacara peringatan HUT ke-77 RI  dilaksanakan di lapangan upacara Polbangtan Medan. Upacara berlangsung pukul 07.30 WIB, diikuti oleh sivitas akademika Polbangtan Medan. Dalam upacara HUT ke-77, Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini  bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyatakan, “pertanian adalah sektor strategis yang memberi keuntungan bagi semua orang. Pertanian memiliki andil besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Selama tiga tahun pandemi, pertanian selalu tumbuh positif,” jelas SYL.

Memperingati HUT RI ke-77, Menteri Pertanian mengingatkan kemerdekaan sesungguhnya baru bisa dipertahankan apabila bangsa Indonesia bebas dari ketergantungan impor.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi, juga menyampaikan, “kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan HUT RI ke-77 diharapkan bisa menanamkan nilai-nilai instrumental revolusi mental yakni etos kerja, gotong royong, dan integritas,” ungkap Dedi.

Upacara diawali dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Mengawali sambutan Inspektur Upacara, Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini mengajak semua yang hadir untuk memaknai HUT Kemerdekaan RI yang ke-77 ini, sebagai wujud rasa syukur dan bentuk penghormatan kita terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mengusir penjajah dari bumi pertiwi.

“Berkat perjuangan para pahlawan yang tidak ternilai harganya, kita dapat menghirup udara kebebasan, menjadi bangsa yang merdeka dan berdaulat, lepas dari belenggu penjajahan. Sebagai bangsa pejuang, kita optimis bahwa dengan semangat kemerdekaan, persatuan dan gotong royong, kita dapat mewujudkan harapan untuk bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat, menuju indonesia maju”, kata Yuliana.

“Dalam momentum perayaan hari ulang tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia ini, saya mengajak kita sekalian mari kita bulatkan tekad untuk terus berjuang di masa sulit ini, berani menghadapi tantangan dengan optimisme yang tinggi dan jiwa pantang menyerah, untuk membuktikan bahwa kita adalah bangsa yang tangguh yang terus bertumbuh untuk mewujudkan Indonesia merdeka, Indonesia maju” tambahnya.

Menjelang akhir upacara, dilakukan penyerahan Piala Pramuka oleh Bimtan Pramuka kepada Direktur Polbangtan Medan diantaranya Juara 1 mata lomba Tari kreasi Daerah, kegiatan Kemah bersama Mabi Se-Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara, Juara 3 mata lomba Pionering Putra, kegiatan Kemah bersama Mabi Se - Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara dan Juara 3 mata lomba Pionering Putri, kegiatan Kemah bersama Mabi Se - Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara.

Dalam kesempatan yang sama dilakukan juga peresmian Bank Sampah secara seremonial dengan pelepasan Balon oleh Direktur Polbangtan Medan dan pemotongan tumpeng sebagai wujud rasa syukur atas Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Dalam memeriahkan HUT RI yang ke-77 tahun, Polbangtan Medan juga menyelenggarakan beragam lomba menarik seperti Estafet Air, Makan Kerupuk, Joget  Balon, Tangkap Belut, Masukkan paku kedalam botol, Balap karung, Tarik tambang, Futsal sarung, Mobile Legend (ML), Gebuk bantal, Panjat pinang dan Catur.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022