Berbagai ragam dan pendapat setiap kepala daerah dalam memaknai momen Hari Kemerdekaan RI setiap tahunnya. Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu misalnya.

Usai mengikuti detik-detik HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan di Istana Presiden secara virtual dari Aula Sarasi, Kantor Bupati Tapsel di Sipirok Rabu (17/8/2022) bersama unsur Forkopimda, Bupati Tapsel bertekad kuat agar dunia pertanian di kabupaten ini bisa maju, mengingat 70 persen lebih warganya hidup dari pertanian.

"Tiga bulan belakangan kasus COVID-19 Tapsel sudah tidak ada. Karenanya kami mendorong sektor pertanian bangkit dan pulih," ujarnya.

Kemarin, kata dia, ditandai panen bawang di Angkola Timur dan Sipirok. Dimana bibit bawang itu menjadi bibit bagi petani yang lain di Tapsel.

"Ini (panen bawang) adalah satu satu upaya menekan angka inflasi. Dengan demikian pendapatan petani menaik, ekonomi cepat pulih dan bangkit," sebutnya.

Langkah perkuat sektor pertanian itu sesuai harapan secara nasional. "Pak Presiden RI Joko Widodo juga telah menyebut sektor pertanian yang paling cepat menjadi daya dorong untuk pemulihan ekonomi," jelas Dolly.

"Meski regenerasi (petani muda) kurang meminati pertanian. Namun upaya kita (Pemkab Tapsel) akan terus mendorong petani milenial untuk tumbuh kembang," katanya menyinggung anak-anak muda Tapsel.

Anak anak muda meski tidak lagi turun ke lahan. Namun, bagaimana memiliki skill agar mekanisasi pertanian bisa dikelola anak anak muda itu dengan baik. 

"Sisi lain kita akan terus melakukan pendekatan pemerintah pusat agar bagaimana bantuan demi bantuan sektor pertanian bisa terus turun ke Tapsel, agar petani merasa terbantu," tandas Dolly.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022