Atlet National Paralympic Committee (NPC) Provinsi Sumatera Utara berhasil menorehkan sebanyak 53 medali di ajang ASEAN Para Games 2022 yang digelar pada 30 Juli-6 Agustus di Solo, Jawa Tengah.

"Alhamdulillah atlet kita berhasil menyumbang 53 medali untuk Indonesia. Medali tersebut masing-masing 24 medali emas, 18 perak, dan 11 perunggu," kata Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting di Medan, Selasa.

Ia mengatakan, setelah ASEAN Para Games 2022, berikutnya NPC akan dihadapkan dengan persiapan Peparnas 2024 saat Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah.

Ia menargetkan Sumut harus bisa meraih juara umum.

“Peparnas nanti kita fokus ke sana. Kalau kita ini tidak main–main di 2024 nanti dan Insya Allah target dari NPC ini bisa menjadi juara umum di Peparnas nanti," katanya.

Terkhusus demi mencapai target tersebut, Alan berharap juga diimbangi dengan pemenuhan anggaran pembinaan atlet.

"Harapan kita dengan target juara umum agar pemerintah ini lebih memfokuskan ke NPC dari segi anggaran gitu," katanya.

Sebelumnya Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, mengucapkan rasa bangga sekaligus terharu dengan pencapaian para atlet asal Sumut yang telah mengukir prestasi di ASEAN Para Games 2022.

Atlet Sumut sukses mempersembahkan 24 medali emas, 18 perak, dan 11 perunggu bagi Indonesia, sekaligus mengantarkan tim Merah Putih sebagai juara umum.

Menurut Edy, pencapaian yang diraih para atlet sekaligus mengukir tinta emas prestasi bagi olahraga Sumut di kancah internasional.

"Kami bangga sama kalian. Kalian lebih hebat dari orang–orang yang lengkap. Kalian seperti ini aja bisa mengalungkan medali, bagaimana seperti saya. Kalian pasti lebih hebat dengan kondisi apapun. Kalian telah mengukir tinta emas di masa ini,” ucapnya.

Sebagai penyumbang medali terbanyak ketiga setelah Jawa Barat dan Jawa Tengah, Edy berharap atlet jangan berhenti berlatih dan berpuas diri. Termasuk jangan prestasi yang dicapai dijadikan tujuan utama untuk mengharap bonus dari pemerintah.

Melainkan menjadi kebanggaan dalam diri bahwa para atlet telah menjadi sejarah bagi provinsi bahkan bangsa Indonesia.

“Kalian telah membesarkan Sumut ini. Raihan 24 medali emas 18 perak, dan 11 perunggu. Jadi 20 persen dari 34 provinsi ini, kita nomor tiga. Jangan pernah mau mengalah dan mengeluh,” kata Edy.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022