Pemerintah pusat dan pemerintah daerah membantu perbaikan 176 rumah warga berpenghasilan rendah di empat wilayah kecamatan di Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Dairi Hotmaida Dina Uli Butarbutar di Sidikalang, Sabtu, bantuan dana stimulan untuk memperbaiki rumah tidak layak huni diberikan untuk 25 rumah di Desa Bandar Kuta Usang, Kecamatan Pegagan Hilir; 53 rumah di Desa Kuta Tengah, Kecamatan Siempat Nempu Hulu; 68 rumah di Desa Lau Mil, Kecamatan Tigalingga; dan 30 rumah di Desa Lae Pangaroan, Kecamatan Si Lima Pungga-pungga.

"Bantuan berupa uang, akan diberikan langsung kepada penerima melalui rekening Bank Sumut yang sudah diberikan sesuai dengan mekanisme yang sudah ada," kata Hotmaida.

Baca juga: Bupati Dairi targetkan penyusunan data profil desa selesai dikerjakan November 2022

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu sebelumnya menyampaikan bahwa bantuan dana stimulan perbaikan rumah tidak layak huni diberikan kepada keluarga prasejahtera yang sudah tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Akan diberikan bantuan stimulan berupa uang yang totalnya Rp35 juta, yang terdiri dari Rp20 juta berasal dari APBN/DAK dan Rp 15 juta dari APBD/DAU," katanya.

Dia mengatakan bahwa pemerintah menurunkan tim fasilitator untuk mengawasi pelaksanaan program perbaikan rumah tidak layak huni serta memastikan bantuan sampai ke sasaran yang tepat.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022