Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu tegas meminta jadwal tanam padi sawah utamanya di sejumlah titik di Kecamatan Batang Angkola agar dapat di segerakan.

"Kita apresiasi Pemprov Sumut yang telah menyelesaikan pembangunan daerah irigasi Paya Sordang yang jebol itu," kata Bupati kepada ANTARA lewat selularnya pada Kamis (4/8).

Harapan bulan Agustus 2022 sudah memasuki musim tanam mengingat lebih kurang 4 bulan sejak Maret 2022 potensi lebih kurang 800 hektare sawah di wilayah Batang Angkola gagal tanam padi akibat dampak DI Paya Sordang jebol.

"Karenanya saya instruksikan Dinas Pertanian secepatnya melakukan  kordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti BPP, PPL dan P3A dan kelompok tani terkait rencana musim tanam padi itu," tegas Dolly.

Kepala Dinas Pertanian melalui Kaseksi Data dan Informasi Dinas Pertanian Tapsel Yeni Lubis dikonfirmasi menyatakan sudah mendengar dan pihaknya segera menindaklanjuti instruksi Bupati Dolly Pasaribu.

"Sembari menunggu proses keringnya irigasi yang baru selesai dikerjakan itu kita akan secepatnya mengadakan koordinasi dengan BPP, PPL, P3A dan kelompok tani terkait musim tanam," kata Yeni.

Menurut Dinas Pertanian bahwasanya produktifitas padi sawah Kecamatan Batang Angkola (lumbung pangan Tapsel) pada tahun 2022 ini mengalami penurunan akibat irigasi  paya sordang itu rusak.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022