Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI), Yaqut Cholil Qoumas melantik Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag sebagai Rektor Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary (UIN Syahada) Padang Sidempuan, di Gedung Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) di Jakarta.

“Alhamdulillah, telah terlaksana pelantikan beberapa Rektor UIN se Indonesia, termasuk juga Rektor UIN Syahada Padang Sidempuan,” ujar Rektor UIN Syahada Padang Sidempuan Muhammad Darwis Dasopang saat dihubungi melalui telepon selular, Jumat (29/7).

Dengan dilantiknya menjadi Rektor UIN Syahada Padang Sidempuan, ia berharap kepada seluruh civitas akademika UIN Syahada Padang Sidempuan untuk tetap bergandengan tangan mewujudkan UIN Syahada Padang Sidempuan menjadi pusat peradaban Islam di bumi Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Mari kita tetap bergandengan tangan mewujudkan UIN Syahada Padang Sidempuan menjadi pusat peradaban Islam di bumi Tabagsel dan Indonesia pada umumnya,” sebut Darwis.

Kandidat Guru Besar bidang Pendidikan Islam ini juga menyampaikan bahwa amanah sebagai Rektor bukanlah bentuk dari sukses pribadi atau pun individual, melainkan merupakan kesuksesan berjamaah.

“Saya sadar sebagai insan biasa sudah pasti ada kelemahan juga kekurangan. Oleh karena itu saya mengajak seluruh civitas akademika UIN Syahada Padang Sidempuan saling bersinergi dalam mengaplikasikan visi dan misi UIN Syahada, dengan berpedoman pada ‘Theoantropoekosentris’ sebagai The Role of Thinking, sehingga apa yang telah dicita-citakan oleh pendahulu kita, dapat kita realisasikan,” ungkapnya.

Sementara dalam bimbingannya, Menag RI Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan agar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam mampu melahirkan para sarjana yang agamawan dan juga agamawan yang sarjana.

“Saya berharap dengan dilantiknya Bapak/Ibu, mari kita hadirkan Islam yang rahmatan lilalamin pada masing-masing institusi tempat kita ditugaskan. Bertugas dan berkhidmahlah sesuai dengan sumpah amanah yang diucapkan tadi,” tegas Yaqut Cholil Qoumas (Gusmen).

Turut serta dalam pelantikan Rektor dari beberapa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang baru alih status menjadi UIN, sesuai dengan Peraturan Presiden RI pada bulan Juni yang lalu, yaitu, UIN Mahmud Yunus Batusangkar, UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan UIN Syahada Padang Sidempuan, UIN Salatiga, serta turut juga dilantik Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dan UIN Pontianak.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022