Mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) yang akan melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di sejumlah desa di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, diminta tetap menjaga kearifan lokal dan budaya masyarakat setempat.

"Selama pelaksanaan KKN tetap menjada kearifan lokal dan budaya masyarakat, menerapkan prinsip dalihan natolu. Dengan demikian akan terjalin kekeluargaan dan kenyamanan di lingkungan KKN," kata Penjabat Sekda Kabupaten Samosir, Hotraja Sitanggang di Pangururan, Selasa.

Terkait 741 mahasiswa Unimed yang akan melakukan KKN di 35 desa di Kabupaten Samosir selama 28 hari, ia mengatakan, pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan KKN mahasiswa Unimed di Kabupaten Samosir.

Diharapkan, mahasiswa dalam melaksanakan KKN, dapat membantu pemerintah dalam merubah mindset masyarakat untuk menjadi tuan dan nyonya rumah yang baik sebagai daerah pariwisata.

"Buatlah perubahan di tengah masyarakat, berikan ide-ide kreatif yang dapat membantu perekonomian masyarakat Samosir. Terutama mengubah pola pikir  masyarakat, agar menyadari peran sebagai bagian dari pariwisata Kabupaten Samosir" katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga mengatakanarah pembangunan Kabupaten Samosir adalah pariwisata dan pertanian.

Hal itu didukung dengan penetapan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia, yang membuat langkah Pemkab Samosir semakin mudah, dengan integrasi pembangunan pariwisata oleh pemerintah pusat dan propinsi.

Untuk itu ditekankan, agar mahasiswa KKN Unimed dapat membantu Pemkab Samosir menerapkan pembelajaran aksara dan musik Batak, penerapan konsep agrowisata, pembinaan Pokdarwis, BUMDes dan UMKM.

"Manfaatkan situasi ini, berbuat yang terbaik demi Kabupaten Samosir yang lebih baik," kata Hotraja Sitanggang.

Koordinator lapangan KKN Unimed, Jamalum Purba menyampaikan, 741 mahasiswa Unimed yang akan melaksanakan KKN terdiri dari 7 fakultas dan akan dimulai pada 25 Juli hingga 20 Agustus 2022 dengan thema KKN yang diusung adalah "Membangun Desa di Era New Normal".

Selama melaksanakan KKN di Samosir, mahasiswa KKN Unimed membangun pengetahuan, melaksanakan program kemanusiaan , edukasi dan Inovasi pembelajaran berbasis teknologi serta membantu pemerintah dalam menyukseskan program pembangunan.

"Kami menitipkan mahasiswa kami selama melaksanakan KKN di Samosir," kata Jamalum Purba.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022